5 Penipu Paling Ulung Di Dunia

Sejarah telah mencatat begitu banyak penipu yang merugikan ratusan orang korbannya. Segala trik dan tipu daya yang mereka gunakan semua tercatat dalam lembaran sejarah. Mulai dari menjual bangunan bersejarah menara Eiffel hingga Taj Mahal, para penipu legendaris ini telah melakukan semuanya.
Tanpa menggunakan ilmu hitam ataupun hal-hal mistis lainnya, para korban dengan sukarela memberikan harta bendanya untuk dibawa lari setelah sisi lemah karakter individu mereka dieksploitasi oleh para penipu legendaris ini. Meskipun tidak ada alasan pembenaran atas tindakan penipuan yang mereka lakukan, tetapi kecerdikan dan keberanian para penipu ini tak urung membuat kita takjub. Berikut daftar 5 penipu paling ulung di dunia versi mbakbro.com :

1. Natwarlal

film Raja Natwarlal dan Natwarlal (inset)
film Raja Natwarlal dan Natwarlal (inset)
Pria dengan nama asli Mithilesh Kumar Srivastava ini adalah penipu paling ulung dari India dan dikenal dengan nama julukan, “the man who sold Taj Mahal”. Tidak hanya Taj Mahal, pria ini juga pernah menjual benteng Red Fort, istana negara dan gedung parlemen India! Padahal semuanya itu sama sekali bukan miliknya.
Selain memalsukan uang dan menggunakan sekitar 50 nama alias, Natwarlal juga adalah seorang penyamar ulung. Mempunyai hobi membaca, pria ini seringkali menggunakan cerita novel sebagai ide kejahatannya. Para korbannya pun bukan orang sembarangan, tercatat beberapa orang konglomerat India pernah menjadi korban penipuan pria ini. Dari sekitar 100 kasus penipuan yang dilakukannya, Natwarlal dijatuhi hukuman penjara selama 113 tahun. Berhasil ditangkap polisi sebanyak 9 kali, pria ini selalu berhasil kabur dari penjara. Terakhir kali tertangkap pada tahun 1996 ketika berusia 84 tahun dan menggunakan kursi roda, tetapi sekali lagi berhasil kabur hingga kini. Film “Raja Natwarlal” dibuat pada tahun 2014 berdasarkan kisah hidupnya. (sumber)

2. Frank Abagnale

Frank Abagnale bersama Leonardo DiCaprio dan Tom Hanks
Frank Abagnale bersama Leonardo DiCaprio dan Tom Hanks
Apabila Anda ingin melihat secara detail trik penipuan yang dilakukan oleh pria ini, silahkan menonton film ‘Catch Me If You Can’ yang diperankan oleh Leonardo DiCaprio, karena film ini dibuat berdasarkan kisah nyata penipu legendaris ini. Begitu hebatnya penipu yang satu ini hingga akhirnya pemerintah Amerika memutuskan untuk merekrutnya menjadi konsultan FBI !
Lalu siapa sebenarnya pria ini? Beberapa kali berhasil kabur dari kepungan agen FBI, karir penipu ini berawal dari pemalsuan cek yang berhasil membobol dana sebesar $2.5 juta di 26 negara. Selain selama 2 tahun berkeliling dunia gratis dengan menyamar sebagai seorang pilot, Frank juga pernah bekerja dengan menyamar sebagai guru, pengacara, konsultan medis dan dokter. Semua profesi ini dilakukannya selama menjadi buronan FBI. Hebatnya lagi, meskipun pria ini sama sekali tidak mempunyai latar belakang pendidikan profesi-profesi tersebut tetapi dia berhasil lulus ketika menjalani ujian. Entah bagaimana caranya. (sumber)

3. Victor Lustig

Victor Lustig
Victor Lustig
Jika Natwarlal dikenal dunia sebagai orang yang berhasil menjual Taj Mahal, maka Victor Lustig ini juga tidak kalah hebatnya karena dia berhasil menjual Menara Eiffel. Dengan berpura-pura menjadi pejabat pemerintah, pria ini berhasil meyakinkan para pengusaha besi tua dengan menyatakan bahwa pemerintah Perancis telah bangkrut sehingga harus menjualnya. Karena malu atas kebodohannya, para pengusaha yang menjadi korban tidak pernah melaporkan Victor ke polisi.
Victor bahkan berani menipu boss mafia Al Capone sebanyak $50.000. Rumor menyebutkan bahwa ketika mengetahui bahwa dirinya menjadi korban penipuan, Al Capone malah memuji kecerdikan dan keberanian Victor. Ketika Victor berniat mengembalikan uang tersebut, Al Capone memberinya $5.000 sebagai bentuk pujian. Pada tahun 1935 Victor tertangkap agen FBI dan tepat sehari sebelum sidang, Victor berhasil kabur meskipun belum genap sebulan sudah tertangkap lagi. Victor akhirnya dijatuhi hukuman 20 tahun penjara dan meninggal dunia di penjara Alcatraz. Pada sertifikat kematiannya tertulis pekerjaannya adalah ‘Salesman’. (sumber)

4. Charles Ponzi

Charles Ponzi
Charles Ponzi
Pernah mendengar tentang istilah Ponzi Scheme? Dalam skema penipuan ini, para investor diminta untuk menginvestasikan uang mereka dalam jangka waktu tertentu dengan menjanjikan keuntungan berlipat. Pada kenyataannya, para investor lama dibayar dengan uang yang didapat dari investor baru. Demikian seterusnya hingga uang yang dipegang dirasa sudah cukup banyak kemudian para penipu ini kabur. Skema investasi bodong ini awalnya dirancang oleh Charles Ponzi.
Pria ini adalah seorang keturunan Italia yang tinggal di Amerika dan Kanada dan dikenal sebagai salah seorang penipu paling ulung di dunia. Meskipun beberapa kali ditangkap polisi tetapi ketika bebas, Ponzi selalu mempunyai ide baru untuk menipu korban yang lain. Dari pekerjaannya menipu orang, Ponzi berhasil mengumpulkan uang sekitar $20 juta. (sumber)

5. George Parker

George Parker dan obyek wisata yang sering dijualnya
George Parker dan obyek wisata yang sering dijualnya
Pria ini adalah salah satu penipu legendaris Amerika di masa lalu yang menjadi inspirasi kejahatan Natwarlal dan Victor Lustig di atas. Pekerjaan sehari-harinya adalah menipu orang untuk membeli fasilitas umum kota New York kepada para imigran baru. Obyek yang paling sering dijualnya adalah jembatan Brooklyn yang berhasil dijualnya beberapa kali dengan menjanjikan para pembelinya sebuah keuntungan besar jika mereka menarik tarif kepada para pengguna jembatan ini.
Bukan hanya jembatan Brooklyn, George Parker juga berhasil menjual patung Liberty, Madison Square Garden, Museum Seni Metropolitan dan Grant’s Tomb. Metode penipuannya juga tidak pernah sama tetapi Parker selalu membuat kantor dan dokumen palsu untuk melaksanakan aksinya. Parker meninggal dunia di penjara Sing Sing ketika menjalani hukuman seumur hidupnya di sana. (sumber)

Baca juga :
5 penggerebekan narkoba yang berakhir memalukan
5 hukuman penjara terlama di dunia

Silahkan mengcopy isi artikel di blog ini tetapi harus disertakan link sumber (aktif). Apabila Admin menemukan konten yang tidak menyertakan link sumber (aktif), Admin akan mengirimkan DMCA Complaint ke pihak Google.
Anda tentu tidak mau website atau blog Anda kena deindex bukan?

0 Response to "5 Penipu Paling Ulung Di Dunia"

Post a Comment

Hargai pendapat orang lain agar orang mau menghargai pendapat Anda. Komentar spam, irrelevant link dan junk otomatis dihapus.