5 Fakta Unik Dalam Serial India Mahaputra

Kembali ANTV akan menayangkan Mahaputra, sebuah serial drama sejarah India yang di negara asalnya diberi judul Bharat Ka Veer Putra-Maharana Pratap. Kisah ini berdasarkan sejarah hidup raja Maharana Pratap, seorang raja besar Hindu yang menguasai Mewar (sekarang Rajasthan) pada abad ke-16. Sengaja mbakbro tidak menyertakan sinopsis serial ini agar tidak mengurangi keasyikan Anda menebak jalan ceritanya.
Apa yang unik dari serial Mahaputra ini adalah cerita tentang Maharana Pratap berlangsung dalam periode waktu yang bersamaan dengan kisah Jodha Akbar. Hanya saja dalam kisah Mahaputra ini suami Jodha Akbar, Raja Jalaludin Akbar yang menguasai kerajaan besar Mughal menjadi lawan dari Maharana Pratap. Perjuangan Maharana Pratap melawan kerajaan besar Mughal menjadi latar belakang utama dalam kisah Mahaputra ini. Seperti juga kisah Jodha Akbar dan Ashoka Samrat, serial ini di negara asalnya cukup disukai. Lalu apa saja fakta unik dalam serial ini? Berikut daftar 5 fakta unik dalam serial India Mahaputra versi mbakbro.com :

1. Maharana Pratap mempunyai 11 isteri, 17 putra dan 5 putri

logo asli serial Mahaputra
logo asli serial Mahaputra
Jika Anda menganggap raja Jalaluddin Akbar yang beristeri 3 sudah terlalu banyak, maka Anda harus siap-siap terkejut karena seperti umumnya raja-raja di masa lalu, raja Maharana Pratap mempunyai 11 isteri. Ajabde Punwar adalah isteri pertamanya. Putra mahkota Amar Singh terlahir dari permaisuri ini.
Putra-putrinya yang lain bernama Solankhinipur Bai, Champabai Jhati, Jasobai Chauhan, Phool Bai Rathore, Shahmatibai Hada, Khichar Asha bai, Alamdebai Chauhan, Ratnawatibai Parmar, Amarbai Rathore, Lakhabai. Secara keseluruhan Maharana Pratap mempunyai 22 anak, 17 putra dan 5 putri.

2. Pernah menyerah kepada kerajaan Mughal namun dibatalkan

Rachana Parulkar pemeran Ajabde Punwar
Rachana Parulkar pemeran Ajabde Punwar
Raja Maharana Pratap adalah seorang yang pemberani dan ahli strategi ulung. Itulah yang menjadi modal utamanya dalam melawan kerajaan Mughal yang jauh lebih kuat. Tetapi ada masanya ketika harus bergerilya di tengah hutan, sang raja merasa tidak tega melihat kesengsaraan keluarga besarnya. Karena itulah dia kemudian mengirim surat kepada raja Akbar untuk meminta perundingan penyerahan diri.
Menerima surat ini, raja Akbar sangat senang karena sebetulnya dia juga sedang menghadapi perlawanan dari adiknya sendiri, Mirza Hakim. Raja Akbar kemudian menyuruh seorang pujangga bernama Prithiraj untuk menulis surat balasan. Dalam surat balasan itu Prithiraj malah menasehati Maharana Pratap untuk tetap tegar dan tidak menyerah. Surat ini kemudian menjadi inspirasi baginya untuk tetap melawan kerajaan Mughal.

3. Mendapat dukungan keuangan dari mantan menterinya ketika kalah perang

Sharad Malhotra pemeran Maharana Pratap
Sharad Malhotra pemeran Maharana Pratap
Pada tahun 1576, raja Akbar memerintahkan raja Man Singh untuk menyerang Mewar. Dalam awal-awal peperangan, meskipun kekuatan pasukan kerajaan Mughal jauh lebih besar tetapi pasukan Mewar berhasil mendesak mereka mundur sampai muncul isu kedatangan raja Akbar. Isu ini memompa semangat pasukan Mughal hingga akhirnya berhasil mengalahkan Mewar.
Di saat moral pasukannya hancur dan lemah karena serangan Mughal, keuangan kerajaan Mewar juga hampir habis, muncullah sosok penolong dalam diri Bhama Shah, mantan menterinya yang menyerahkan seluruh harta bendanya. Dengan dana itu Maharana Pratap bisa meneruskan perjuangannya melawan kerajaan Mughal selama 12 tahun kemudian.

4. Pernah menegur anaknya karena menangkap keluarga Rahim

patung raja Maharana Pratap bisa Anda temukan di Rajashtan
patung raja Maharana Pratap bisa Anda temukan di Rajashtan
Jika Anda penonton setia serial Jodha Akbar tentu mengenal Rahim. Dia adalah anak kandung dari Bairam Khan, suami pertama dari ratu Salima sehingga juga merupakan anak tiri Jalaluddin Akbar. Pada suatu ketika rombongan keluarga Rahim dan beberapa pejabat Mughal jatuh ke tangan Amar Singh, putra tertua Maharana Pratap.
Meskipun saat itu Rahim tengah dalam posisi untuk menyerang Mewar, namun ikut ditangkapnya para wanita keluarga Rahim membuat raja Pratap menegur Amar Singh dan seketika memerintahkan agar mereka diantar kembali dalam keadaan selamat. Tindakan ini membuat Rahim menaruh simpati pada Maharana dan membuatnya memutuskan mundur dari tugas menyerang Mewar.

5. Pernah menolak untuk membunuh Man Singh secara licik

Krip Suri pemeran raja Akbar
Krip Suri pemeran raja Akbar
Man Singh adalah salah satu komandan besar pasukan Mughal yang juga keponakan Jodha Akbar yang ditugaskan menyerang Mewar. Pada suatu ketika, Maharana Pratap mendapat informasi dari mata-matanya bahwa Man Singh tengah berburu di hutan dan hanya ditemani beberapa orang prajurit. Jika dalam keadaan lengah ini dia diserang, tentu dengan mudah dapat membunuhnya.
Meskipun mata-matanya menyarankan agar dia menggunakan kesempatan ini untuk membunuh Man Singh namun Maharana Pratap adalah seorang ksatria. Dia lebih memilih untuk melawan Man Singh di medan perang daripada harus membunuhnya dengan cara pengecut. Dan itulah yang terjadi. Dalam pertempuran di Haldi Ghati, Maharana Pratap bertarung satu lawan satu melawan Man Singh meskipun akhirnya dia kalah dan hampir mati. Beruntung saat itu salah seorang anak buahnya berhasil menolongnya. Hingga sekarang keberanian raja ini membuat Mewar menjadi satu-satunya wilayah Rajput yang tidak pernah dikuasai Mughal.

Sumber : indiaopines.com dan wikipedia 

Silahkan mengcopy isi artikel di blog ini tetapi harus disertakan link sumber (aktif). Apabila Admin menemukan konten yang tidak menyertakan link sumber (aktif), Admin akan mengirimkan DMCA Complaint ke pihak Google.
Anda tentu tidak mau website atau blog Anda kena deindex bukan?

2 Responses to "5 Fakta Unik Dalam Serial India Mahaputra"

  1. Nice share..
    thnx atas Phostingannya :)

    ReplyDelete
  2. Terimakasih banyk gan, tulisannya menambah wawasan saya

    ReplyDelete

Hargai pendapat orang lain agar orang mau menghargai pendapat Anda. Komentar spam, irrelevant link dan junk otomatis dihapus.