Tragis, 5 Foto Ini Mampu Menangkap Kematian

Sebuah foto bisa bertahan puluhan tahun hingga rusak dengan sendirinya sementara perlahan tapi pasti dunia di sekelilingnya berubah. Ungkapan bahwa sebuah gambar mengungkapkan seribu kata memang ada benarnya. Karena itulah pada masa sekarang ini iklan di media cetak tidak lagi banyak menggunakan kata-kata tetapi menggantikannya dengan foto atau gambar yang dianggap iconic.
Foto-foto yang mbakbro tampilkan dalam artikel ini disusun berdasarkan ironi kejadian yang mengiringi setelah pengambilan foto-foto tersebut. Meskipun sekilas tampak seperti foto biasa, namun tragedi yang terjadi setelahnya pasti membuat Anda merinding. Berikut daftar 5 foto tragis yang mampu menangkap kematian versi mbakbro.com :

1. Foto Regina Kay Walters

Regina Kay Walters
Regina Kay Walters
Foto di atas bukanlah foto seorang gadis yang sedang malu-malu di depan kamera, melainkan foto seseorang yang akan dibunuh. Ya, orang yang mengambil foto di atas adalah pembunuhnya. Regina Kay Walters adalah seorang gadis remaja berusia 14 tahun dari Pasadena, Texas, yang menemui ajal setelah diculik oleh pembunuh berantai bernama Robert Ben Rhoades. Pembunuh ini mempunyai kelainan jiwa dimana dia suka lebih dulu mempermainkan korbannya sebelum menyiksanya hingga mati.
Hal itulah yang terjadi pada Regina Kay Walters. Sebelum disiksa hingga mati, rambut Regina terlebih dahulu dipotong pendek, kemudian disuruh berdandan, memakai gaun dan sepatu layaknya hendak ke pesta.
Sebelum tertangkap pada tahun 1992, Ben Rhoades tercatat berhasil membunuh dua orang lagi. Kini Ben Rhoades harus menjalani hukuman seumur hidup di penjara Texas. Foto di atas digunakan sebagai bukti di pengadilan. (source)

2. Foto mahasiswa VNR VJIET

mahasiswa VNR VJIET
mahasiswa VNR VJIET
VNR VJIET adalah sebuah institut teknologi yang terletak di Hyderabad, India. Pada tanggal 8 Juni 2014, 24 orang mahasiswa VNR VJIET tewas ketika sedang melakukan study tour. Saat itu, bis yang mereka tumpangi berhenti di tepian sungai Beas yang indah. Para mahasiswa pun keluar dari bis dan mengambil foto.
Foto di atas ditemukan dalam HP salah seorang mahasiswa dan diambil sesaat sebelum air bah menyeret mereka ke dalam arus sungai yang menggelora. Para mahasiswa itu tidak menyadari bahwa pintu air yang berada di atas tempat itu dibuka secara tiba-tiba tanpa ada pemberitahuan. Melihat wajah-wajah ceria di dalam foto itu, sulit rasanya membayangkan nasib yang begitu tragis menimpa para mahasiswa itu beberapa detik setelah foto diambil. (source)

Baca juga : 5 foto permukaan bulan paling misterius dan 5 orang yang bangkit dari kematian

3. Foto CCTV James Bulger

foto CCTV penculikan James Bulger
foto CCTV penculikan James Bulger
Pada bulan Februari 1993, dua anak laki-laki berusia 10 tahun membunuh seorang balita berumur dua tahun bernama James Bulger setelah menculiknya dari sebuah pusat perbelanjaan di Liverpool, Inggris. Pembunuhan ini menjadi berita kriminal paling menggemparkan pada saat itu karena cara mereka membunuh si balita begitu mengerikan. Sulit rasanya mempercayai perbuatan seperti itu mampu dilakukan oleh anak-anak.
Coba bayangkan, setelah menculik James Bulger, kedua anak itu mengikat balita tersebut pada sebuah rel kereta api, kemudian bergantian melemparinya dengan batu dan memukulinya dengan kayu, sebelum akhirnya memutilasi tubuhnya. Foto rekaman CCTV saat-saat terakhir hidup balita inilah yang menjadi bukti perbuatan mereka. (source)

4. Foto senyuman dua bersaudara

Mike dan Sean McQuilken
Mike dan Sean McQuilken
Pada tahun 1975, dua bersaudara Mike dan Sean McQuilken sedang berlibur di pegunungan Taman Nasional Sequoia. Bersama saudara perempuan mereka, Mary, keduanya berpose tersenyum riang. Apa yang terjadi sesaat setelah foto itu diambil sangatlah tragis. Rambut mereka yang berdiri seperti dalam foto diatas, bukanlah mereka sengaja, tapi sebuah pertanda bahwa keduanya akan segera tersambar petir.
Selama beberapa tahun kemudian foto di atas telah dicetak ulang ribuan kali sebagai himbauan agar berhati-hati terhadap sambaran petir. Wajah dua bersaudara yang nampak ceria menjadi ironi yang pahit atas nasib mengerikan yang terjadi pada mereka beberapa saat kemudian. (source)

5. Foto ayah menggendong anak di Omagh, Irlandia Utara

foto sesaat sebelum bom meledak
foto sesaat sebelum bom meledak
Kamera yang mengambil foto di atas ditemukan terkubur di bawah puing-puing bangunan pada tanggal 15 Agustus 1998 di Omagh, Irlandia Utara. Foto di atas menangkap saat-saat terakhir sebelum bom di dalam mobil merah itu meledak dan menewaskan 29 orang serta melukai sekitar 200 orang di sekitar tempat itu. Bom mobil ini memicu konflik berkepanjangan separatis IRA dengan pemerintah Irlandia Utara yang berlangsung selama 30 tahun.
Foto di atas menjadi foto paling tragis dalam peristiwa itu mengalahkan foto-foto mayat korban yang berserakan semata-mata karena ketenangan, senyuman, dan kegembiraan yang tertangkap kamera menjadikan gambar itu sangatlah ironis. Membeku bersama waktu setelah tidak sengaja menangkap bayangan kematian orang-orang di sekitarnya. (source)

Penutup

Sekali lagi, ungkapan sebuah gambar mengungkapkan seribu kata sangatlah dalam artinya. Sebagai contoh mbakbro tambahkan foto yang diambil oleh fotografer Kevin Carter pada Maret 1993 di Sudan yang menggambarkan seorang anak kulit hitam kelaparan sementara seekor burung pemakan bangkai mengikutinya.
foto burung pemakan bangkai Kevin Carter
foto burung pemakan bangkai Kevin Carter
Foto ini mendapatkan penghargaan Pulitzer, namun Kevin Carter rupanya tidak bisa menikmatinya, karena tiga bulan setelah foto iconic itu diambil, sang fotografer mengakhiri hidupnya karena merasa menyesal tidak berusaha menolong anak itu. (source)

Kalau menurut Anda, foto mana yang paling tragis? Silahkan tulis di kolom komentar di bawah. Terimakasih.

Update:
Sambungan dari artikel ini bisa Anda baca di : 5 foto tragis ini tidak sengaja menangkap kematian bagian 2

Silahkan mengcopy isi artikel di blog ini tetapi harus disertakan link sumber (aktif). Apabila Admin menemukan konten yang tidak menyertakan link sumber (aktif), Admin akan mengirimkan DMCA Complaint ke pihak Google.
Anda tentu tidak mau website atau blog Anda kena deindex bukan?

59 Responses to "Tragis, 5 Foto Ini Mampu Menangkap Kematian"

  1. Replies
    1. Kok malah sangar..??? Tragis lah

      Delete
    2. foto yang diambil oleh fotografer Kevin Carter pada Maret 1993.itu foto yang paling tragis.............

      Delete
  2. Foto k 6, dasar bule gila Pulitzer, mang gak kasian apa ma orang kelaparan, apalagi anak kecil, deuh gusti :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. sdah d tlg gan dgn mengusir burungnya hbs pengambilan fhoto..

      Delete
    2. Coba googling ttg fotografer bernama Kevin Carter itu sblom mulai menghakimi. Beliau ada bersama rombongan pada saat kejadian & dilarang mendekat ke penduduk asli oleh tentara (krn situasi saat itu memang sedang perang) krn keadaan yg tdk spt kita yg aman2 ini maka beliau tdk dpt menolong anak tsb. Dlm situasi perang tdk bisa dibandingkan dg kita yg hidup biasa2 saja. Kenyataannya beban penyesalan membuat Kevin Carter memutuskan bunuh diri. Apakah beliau menikmati Pulitzernya? TIDAK. Beliau bahkan tidak bercita2 agar foto itu mendpt pulitzer. Beliau hanya ini menunjukan pd dunia, termasuk Anda, bagaimana akibat perang itu. Bijaklah dlm berkomentar

      Delete
    3. seperti nya rangga ini orang yang bisa menghakimi.. membabi buta..

      Delete
    4. I am a 'bule' and I have used this photograph in my classroom to explain how an image can create change. The photographer, Kevin Carter, took his own life partly because of the public reaction to this photograph. There were many people then, when the photograph was published, who condemned the photographer and questioned how he could just stand by and watch and not help the child. The fact is that he continued to watch after taking the photograph as the child stood up once again and, on wobbly legs, made it to safety in the compound a short distance away. Needless to say if the vulture had tried to attack the child, Kevin would have intervened. As it turned out, the child survived, but public reaction to the photograph was divided and Kevin Carter was condemned by many who chose to ignore the facts or who simply didn't bother to find out, which might account for Rangga's response. What needs to be recognized is the huge effect that this photograph had in creating positive change. The tragic scene portrayed in the photograph caught people's attention and that in turn meant that we were aware of the plight of people in this part of Africa.

      Delete
    5. Thanks to TorrBlog who have explained how did it happened..

      Delete
    6. Terjemahan komentar TorrBlog:
      Saya seorang bule dan telah menggunakan foto ini dalam tugas sekolah untuk menjelaskan bagaimana sebuah gambar bisa membuat perubahan.
      Penyebab si fotografer, Kevin Carter, bunuh diri sebagian karena reaksi publik atas foto ini. Saat foto itu diterbitkan banyak orang yang mengutuk si fotografer dan mempertanyakan bagaimana bisa dia cuma menonton tanpa menolong anak itu.
      Kenyataannya adalah, Kevin Carter hanya melihat saja setelah mengambil foto karena anak itu rupanya mampu berdiri kembali dan dengan sempoyongan pergi ke penampungan terdekat. Andai saja burung bangkai itu mencoba menyerang si anak, tentu Kevin akan menolongnya.
      Tapi meskipun anak itu tertolong, reaksi publik atas foto itu tetap terbelah dan sebagian tetap mengutuk Kevin tanpa menyadari fakta diatas atau tidak mau mencari tahu faktanya, seperti komentar Rangga di atas. Apa yang harus disadari adalah foto Kevin tersebut telah memberikan dampak perubahan yang sangat positif.
      Sorry TorrBlog, I have to do this.

      Delete
  3. Foto terakhir,tragis & sedih krn anak sekecil itu harus menanggung hidup yg teramat susah...;(

    ReplyDelete
  4. Kematian ada di sekitar kita. Mungkin kita berikutnya....

    ReplyDelete
  5. foto penutup yang paling tragis dan menyedihkan, sampai segitunya kelaparan. astaghfirullah.

    ReplyDelete
  6. Setiap makhluk Allah swt memiliki irama kehidupannya masing-masing. Semoga kita termasuk yang khusnul hotimah. Amiin

    ReplyDelete
  7. Kematian ada di sekitar kita. Mungkin kita berikutnya....

    ReplyDelete
  8. Photo terakhir teramat memilukan...

    ReplyDelete
  9. Sangat tragis banget apalagi foto terakhir. Sangat bermakna dan abadi

    ReplyDelete
  10. Foto yg terakhir paling tragis, tanpa berceritapun pasti akan menangis orang melihatnya

    ReplyDelete
  11. tentang foto terakhir komentar sih boleh2 aja..tapi yang lebih bagus dan mulia berilah sumbangan anda pada mereka yang juga manusia seperti kita....

    ReplyDelete
  12. subhanallah.... kasian sekali, tubuh hanya terbungkus kulit, dan tulang menonjol sambil meringkuk, :'(
    kita harus lebih bersyukur dengan keadaan apapun, ternyata ada yang lebih kekurangan dari kita...

    ReplyDelete
  13. Komentar gw sama dengan yang lainnya "FOTO TERAKHIR YANG PALING TRAGIS". Sedih banget ngeliat foto dan ngebayanginnya.

    ReplyDelete
  14. foto terakhir emang yang paling tragis.
    dan seharusnya sang fotografer bisa berbuat sesuatu,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di cek dulu cerita yang sebenernya tentang foto itu.

      Delete
  15. poto yg ke 6 :( krn msh ada 1 kesempatan untuk memberi kehidupan kembali

    ReplyDelete
  16. Foto terakhir atau berita tentang Kevin Carter sebaiknya dicek kebenarannya dulu deh.
    Setau saya kematian Kevin Carter bukan karena foto itu.

    ReplyDelete
  17. kalo menurut saya yang bom mobile semua yg ada di sekitanya kena semua

    ReplyDelete
  18. itu lah dunia fotografer, ada enaknya ada juga gak enaknya.
    setiap profesi pasti ada suka dukanya .......

    ReplyDelete
  19. Serrrem mbak, kalau ngomongin kematian.

    ReplyDelete
  20. foto yg terakhir itu bukan hanya sekedar tragis tapi sangat memilukan..

    ReplyDelete
  21. Negara negara afrika krisis akibat ulah ulah Bangsa eropa dan amerika ...
    Mereka yang menciptkan krisis dan mereka pula yang seolah2 menawarkan penawarnya asal ada uang......
    Yang pasti dtukar dgn kekayaan alam afrika..

    ReplyDelete
  22. kasian yg bapak sma anak kena bom,,, tragis banget,,,, :(
    semuanya juga tragis,, apalagi yg anak kcil udh bisa nge bunuh,,, miris,,,

    ReplyDelete
  23. Foto nomor 4 yg menurut saya paling tragis, senyuman mereka itu adalah senyuman terakhir

    ReplyDelete
  24. foto no 5, bagaimana seorang yg biadab merampas kebahagiaan dan senyum seorang ayah dan anak.

    ReplyDelete
  25. foto yang paling terakhir tragis sekali

    ReplyDelete
  26. foto yg ada burung pemakan bangkai ,,itu ironis

    ReplyDelete
  27. aduh saya mules melihatnya. . . .semua kisahnya adalah tragis dan menyesakan..
    Bismillahirrohmanirrohim... semoga kita selalu dapat eprlindungan Allah..ya kawan!!

    ReplyDelete
  28. Foto terakhir yang paling tragis...!
    Seperti kata penulis,biarkan mereka "Membeku bersama waktu" dalam gambar masa lalu.

    ReplyDelete
  29. WAHAHAHA KEREN2 MATINYA WKWK

    ReplyDelete
  30. foto itu kebetulan diambil sebelum peristiwa kematian kecuali regina key dan kevin calter

    ReplyDelete
  31. yang paling tragis adalah ketika kita yang hanya bisa mengomentar, tapi tidak bisa berbuat apa-apa. #DisituKadangSayaMerasaSedih.

    ReplyDelete
  32. Untuk agan2/aganwati yang mau tau kelanjutan kisah fotografer,...langsung ajja nih link nya...http://sueswit.net/2014/05/06/kevin-carter-cermin-jiwa-fotografer-humanis-yang-menjadi-korban-dari-hasil-karya-fotografinya/

    ReplyDelete
  33. Foto terakhir itulah yang paling tragis....betapa banyak ancaman kelaparan di lingkungan terdekat kita saat ini...

    ReplyDelete
  34. mungkin yang komen disini....adalah komen yg terakhir???

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kayaknya bisa dijadiin judul sinetron itu, "KOMEN TERAKHIR", genre horor komedi :)

      Delete
  35. Sangat tragis foto terakhir oleh Kevin carter, kematian yang mengancam anak kecil itu tidak saja kelaparan, alam yang tak bersahabat, perang tapi juga hilangnya cinta kasih orang tua, dan dari sesama .... sangat mengenaskan di ujung kematiannya pun di intai bahaya burung pemangsa yg sedang kelaparan, tapi tidak di jelaskan apakah anak itu di mangsa setelah mati atau saat masih hidup ? waah bila saat masih hidup dimangsa tak terperikan lagi penderitaanya ...

    ReplyDelete
  36. yah namanya juga rahasia tuhan..tidak ada yang bisa menebak..kita cuma bisa banyak beribadah saja..

    ReplyDelete
  37. sangat mengharukan... Rahasia Illahi... tidak ada yang bisa tau...

    ReplyDelete
  38. mudah2an kita semakin taqwa kepada Allah SWT...

    Amin...

    ReplyDelete
  39. Ngeri juga..Detik detik sebelum menemui ajal, Subhanallah... Semoga orang yang meninggal tersebut di lapangkan kuburannya, dan amal perbuatannya diterima di sisi Allah S.W.T

    ReplyDelete
  40. Saya sedih melihat berita No3, anak 2thn ga ngerti apa2, diculik+disiksa sma 2Orang Bocah 10thn cuma buat Maianan, sampai akhirnya tewas.,, Bagaimana jika itu terjadi sma Anak saya..

    ReplyDelete
  41. sedih banget melihat begituan...

    ReplyDelete
  42. saya kadang tdk mngerti khidupan itu sbenarnya apa gunanya, untuk apa kita diciptakan, apa yg mnanti kita stelah mati, apa agama itu, apa keadilan itu, n yg paling tdk kumengerti ialah takdir. apakah di dunia ini ada orang yg ditakdirkan msuk neraka? kenapa saya brtanya bgini krn stelah mndngar dari ustadz yg katanya alim bhwa orang selain islam tdk akan prnah msuk surga. ini mmbuat saya heran bagaimana yg trlahir di afrika yg mayoritas kristen n kekerasan dimana2, apakah mreka ditakdirkan trsiksa di dunia dan di akhirat?

    ReplyDelete

Hargai pendapat orang lain agar orang mau menghargai pendapat Anda. Komentar spam, irrelevant link dan junk otomatis dihapus.