25 Fakta Unik Tentang China Yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

Selain mempunyai jumlah penduduk terbesar di dunia, China juga mempunyai kekayaan budaya yang sangat beragam pula. Dengan meledaknya pertumbuhan ekonomi China sekarang ini membuat perpaduan antara dunia modern dan tradisi budaya lama menjadi sangat unik di negara ini.
Artikel ini menyajikan tentang 25 fakta unik tentang negara dengan peradaban yang telah berusia lebih dari 5.000 tahun ini. Setelah selesai membaca artikel ini setidaknya Anda akan memahami betapa uniknya negara China beserta kehidupan sosial, politik dan budayanya. Berikut ulasannya versi mbakbro.com :

prajurit terakota
#1 Pada tahun 1974, sekelompok petani di provinsi Shaanxi tengah menggali sumur ketika menemukan beberapa potongan tembikar kuno. Mereka menemukan makam kaisar Qin (259-210 SM), kaisar pertama yang menyatukan China. Makam ini juga berisi 8.000 prajurit terakota seukuran manusia beserta kuda dan kereta.
#2 Kompleks istana “Forbidden City” di Beijing mempunyai sekitar 9.000 kamar.
#3 Olahraga sepakbola yang populer di Inggris ternyata berasal dari Dinasti Han, China, dan disebut “Cuju”. Sebaliknya olahraga tenis meja yang merupakan olahraga paling populer di China ternyata berasal dari Inggris.
#4 Sama seperti India, warna berkabung dan pemakaman di China adalah putih bukan hitam.
#5 Senjata crossbow pertama kali diciptakan dan digunakan oleh orang China. Mereka juga yang pertama kali menggunakan senjata kimia dan gas, 2.000 tahun sebelum senjata-senjata ini digunakan di Eropa selama Perang Dunia I.

kuku panjang tradisi China
#6 Di masa kekaisaran, para wanita bangsawan dan keluarga kerajaan biasa memanjangkan kuku jari kelingking mereka sebagai tanda status sosial. Pada kuku-kuku tersebut juga biasa ditambahkan hiasan emas dan perak sebagai pelindung kuku.
#7 Seni bela diri yang dipraktekkan di seluruh China awalnya dikembangkan sebagai teknik berburu. Uniknya biara Shaolin yang dipercaya sebagai sekolah bela diri paling awal malah didirikan oleh pendeta Budha dari India.
#8 Di daerah-daerah tertentu di China, rebusan telur dalam air kencing anak-anak dianggap sebagai hidangan paling lezat.
#9 Polusi udara di ibukota China, Beijing sangatlah parah. Begitu parahnya polusi udara di sana hingga mampu melintasi samudera pasifik dan menyumbang sepertiga dari polusi udara kota San Francisco, Amerika Serikat.
#10 Kebijakan “satu anak” di China telah menciptakan ketidakseimbangan gender yang signifikan. Saat ini China mempunyai surplus 32 juta anak laki-laki dibandingkan anak perempuan. Di masa depan, puluhan juta orang akan kesulitan mendapatkan istri.

budaya bersepeda di China
#11 Sepeda diperkenalkan ke China sekitar tahun 1891 oleh dua wisatawan Amerika bernama Allen dan Sachtleben dan sekarang telah menjelma menjadi transportasi utama bagi jutaan orang China. Kaisar terakhir Qing, Kaisar Puyi suka naik sepeda di sekitar Forbidden City di Beijing. China saat ini menjadi produsen sepeda nomor satu di dunia.
#12 Di beberapa bagian di China, “rambut kepang” menunjukkan status perkawinan seorang gadis. Seorang gadis perawan berkepang dua dan ketika ia menikah, ia akan menguncir rambutnya ke belakang.
#13 Memelihara selir telah dipraktekkan sepanjang sejarah China, terutama oleh orang-orang kaya yang berduit. Hampir semua kaisar China memiliki harem dengan ratusan selir.
#14 Di China, para pejalan kaki pecandu smartphone diberikan jalur khusus agar tidak bertabrakan dengan pejalan kaki yang lain.
#15 Phoenix adalah burung yang paling utama dalam legenda China dan menggambarkan kekuatan feminin dari permaisuri. Burung bangau yang anggun, yang merupakan simbol umur panjang, adalah burung kedua yang paling penting dalam legenda China. Bebek juga menjadi simbol penting dan mewakili kebahagiaan dan kesetiaan dalam perkawinan.

naga dalam budaya China
#16 Naga yang biasanya dilihat sebagai makhluk jahat dalam budaya Barat, memegang tempat pertama di antara empat makhluk utama dalam mitologi China, termasuk phoenix, harimau, dan kura-kura. Karena naga melambangkan kekuatan seorang kaisar.
#17 Salah satu bahan yang digunakan untuk melekatkan batu-batu di Tembok Besar adalah beras ketan.
#18 Pertama kali digunakan sekitar 5.000 tahun yang lalu, sumpit awalnya digunakan untuk memasak, bukan untuk makan.
#19 Luas negara China hampir sama dengan Amerika tetapi hanya memiliki satu zona waktu resmi padahal Amerika Serikat memiliki empat zona waktu.
#20 Kecap adalah penemuan China. Pada awalnya digunakan untuk menyebut saus ikan acar dan disebut “ke-tsiap”.

bendera nasional China
#21 Bendera nasional China pertama kali dikibarkan di Tiananmen Square (lapangan tempat pertemuan publik terbesar di dunia) pada 1 Oktober 1949, hari ketika Republik Rakyat China dibentuk. Merah di bendera melambangkan revolusi. Bintang besar melambangkan komunisme dan bintang-bintang kecil mewakili penduduk China. Posisi bintang melambangkan persatuan dari orang-orang China di bawah kepemimpinan Partai Komunis.
#22 Sepertiga produksi kaus kaki di dunia dibuat di Distrik Datang di Zhuji, China, yang dikenal sebagai “Kota Kaus Kaki”.
#23 Penduduk desa di China Tengah telah lama menggunakan tulang belulang dinosaurus sebagai campuran obat, mereka mengira tulang dinosaurus adalah tulang naga.
#24 Di China, ada layanan yang memungkinkan Anda untuk menyewa seorang pacar. Tidak seperti di belahan dunia lain, tujuannya bukanlah seks. Orang China menyewa seorang pacar agar orangtua mereka berhenti mengeluh tentang status jomblo mereka.

rumah gua yaodong
#25 Di China, lebih dari 35 juta orang masih hidup di dalam “rumah gua”. Gua yang menjadi tempat tinggal ini disebut yaodong. Jumlah penghuni gua di China lebih besar dari seluruh penduduk Australia.
Bagaimana menurut pendapat Anda? Silahkan tulis komentar Anda pada kolom di bawah. Terimakasih.

Silahkan mengcopy isi artikel di blog ini tetapi harus disertakan link sumber (aktif). Apabila Admin menemukan konten yang tidak menyertakan link sumber (aktif), Admin akan mengirimkan DMCA Complaint ke pihak Google.
Anda tentu tidak mau website atau blog Anda kena deindex bukan?

0 Response to "25 Fakta Unik Tentang China Yang Mungkin Tidak Anda Ketahui"

Post a Comment

Hargai pendapat orang lain agar orang mau menghargai pendapat Anda. Komentar spam, irrelevant link dan junk otomatis dihapus.