5 Hal Yang Pasti Terjadi Setelah Manusia Mati

Pembunuhan Angeline hingga kini masih menyisakan misteri. Apa yang sebenarnya terjadi pada gadis malang ini hingga kini masih diselidiki. Di sinilah peran otopsi dan ahli forensik sangat diperlukan. Mereka lah yang bisa menentukan kapan tepatnya gadis ini meninggal dan apa saja yang dilakukan sang pembunuh sesaat sebelum kematian Angeline.
Untuk menentukan hal ini para ahli forensik harus melihat rigor mortis, algor mortis, livor mortis dan berbagai faktor lainnya. Lalu apa sih istilah-istilah aneh tersebut? Artikel ini mbakbro tulis supaya kita mengetahui dasar-dasar ilmu forensik dan tidak asing lagi dengan istilah-istilah tersebut. Berikut daftar 5 hal yang pasti terjadi sesaat setelah manusia mati versi mbakbro.com :

1. Algor mortis (penurunan suhu tubuh)

Istilah yang juga disebut sebagai ‘death chill’ ini kedengarannya memang keren tetapi arti sebenarnya hanyalah ‘penurunan suhu tubuh’. Proses ini mulai terjadi beberapa menit setelah seseorang meninggal dunia. Ketika jantung berhenti berdetak, suhu tubuh akan berangsur-angsur menurun dan kira-kira dalam waktu satu jam akan mencapai suhu kamar.
Di saat yang bersamaan, darah yang tidak lagi mendapat asupan oksigen akan menjadi asam karena karbon dioksida menumpuk. Hal ini membuat sel-sel dalam tubuh akan terbelah dan mengeluarkan enzim yang pada gilirannya akan mulai ‘mencerna’ tubuh dari dalam.

2. Livor mortis (lebam mayat)

lebam mayat
lebam mayat
Gravitasi bumi berperan penting dalam penentuan waktu meninggalnya seseorang. Ketika anggota tubuh yang lain berubah pucat karena aliran darah terhenti, sel darah merah akan turun ke bagian tubuh yang paling dekat dengan lantai.
Hasilnya adalah lebam-lebam biru keunguan di bagian tubuh tersebut. Inilah yang disebut sebagai livor mortis. Dengan meneliti lebam mayat ini seorang ahli forensik bisa menentukan kapan pastinya seseorang meninggal dunia.

3. Rigor mortis (kaku mayat)

Kita semua tentu telah mengetahui bahwa sesosok mayat akan menjadi kaku dan sulit dipindahkan. Inilah yang disebut dengan rigor mortis atau kaku mayat. Hal ini terjadi sekitar tiga hingga empat jam setelah kematian dan puncaknya terjadi 12 jam setelah kematian. Proses kaku mayat ini akan berhenti setelah mencapai 48 jam.
Bagaimana hal ini bisa terjadi? Ada senyawa kimia adenosine triphosphate (ATP) di dalam membran sel tubuh yang mengatur kebutuhan kalsium. Ketika produksi ATP berhenti setelah kematian, kalsium akan membanjiri sel tubuh dan menyebabkan otot berkontraksi serta mulai menjadi kaku. Inilah yang kemudian dikenal sebagai rigor mortis.

4. Kencing atau BAB

Ketika proses rigor mortis mulai berhenti setelah 48 jam, semua otot di dalam tubuh akan mulai proses relaksasi. Termasuk otot yang bertugas ‘mengunci’ kandung kemih dan usus. Karena otot ini mulai longgar, maka jika terdapat sisa-sisa ‘limbah’ di dalamnya akan keluar dengan sendirinya.
Tentu saja limbah yang keluar ini bukan dalam bentuk seperti ketika masih hidup karena bagaimanapun juga otot yang bertugas mendorong mereka keluar sudah tidak berfungsi lagi.

5. Pembusukan

Proses pembusukan akan mulai terjadi setelah rigor mortis. Meskipun proses ini bisa diperlambat dengan mumifikasi, tetapi pada akhirnya pembusukan akan menghabiskan anggota tubuh. Enzim di dalam pankreas membuat organ tubuh akan ‘mencerna’ diri sendiri dibantu oleh mikroba.
Bagian perut mayat akan berubah warna menjadi hijau gelap karena jutaan bakteri yang selama ini tinggal di dalam lambung mulai ‘memakan’ tubuh yang selama ini ditinggalinya. Ketika bakteri-bakteri ini beraksi, mereka memproduksi putrescine dan cadaverine. Itulah yang menimbulkan bau busuk pada mayat.


Baca juga :
5 bagian tubuh mayat orang terkenal paling fenomenal
5 orang yang baru ditemukan bertahun setelah kematian

Silahkan mengcopy isi artikel di blog ini tetapi harus disertakan link sumber (aktif). Apabila Admin menemukan konten yang tidak menyertakan link sumber (aktif), Admin akan mengirimkan DMCA Complaint ke pihak Google.
Anda tentu tidak mau website atau blog Anda kena deindex bukan?

0 Response to "5 Hal Yang Pasti Terjadi Setelah Manusia Mati"

Post a Comment

Hargai pendapat orang lain agar orang mau menghargai pendapat Anda. Komentar spam, irrelevant link dan junk otomatis dihapus.