5 Hewan Mutant Ini Asli Apa Palsu?

Mutasi adalah perubahan bahan genetik (DNA maupun RNA), baik pada taraf urutan gen maupun pada taraf kromosom. Meskipun efek mutasi pada hewan tidaklah ekstrim seperti dalam film-film X-Men, tetapi dalam beberapa kasus, mutasi genetika ini bisa menghasilkan hewan-hewan yang sangat aneh.
Seperti biasanya, jika foto atau gambar hewan mutant yang aneh ini muncul di internet maka akan memantik perdebatan tentang keasliannya. Hal ini tidak bisa dihindari karena beberapa netizen memang suka mengumbar foto hoax hasil Photoshop di internet. Dalam daftar 5 hewan mutant versi mbakbro.com di bawah ini, coba Anda tentukan mana yang asli dan mana yang palsu :

1. Pink Dolphin

mana yang palsu?
mana yang palsu?
Lumba-lumba adalah hewan yang populer karena sangat manis dan pintar, meskipun harus diakui warnanya yang abu-abu gelap terlihat membosankan. Tetapi bagaimana jika mereka berwarna pink? Pada tahun 2007 beberapa orang turis berhasil mengambil gambar seekor lumba-lumba berwarna pink di danau Calcasieu di Louisiana.
Setelah gambar itu dimuat di beberapa media lokal, para turis segera berbondong-bondong mengunjungi danau Calcasieu untuk menyaksikan sendiri lumba-lumba tersebut. Untuk menghindari terjadinya perburuan terhadap si lumba-lumba, pemerintah setempat kemudian mengawasinya dengan ketat. Beberapa ahli biologi yang sempat mengamati menyatakan bahwa kemungkinan besar warna pink pada lumba-lumba tersebut adalah hasil mutasi albinism. (sumber)

2. Kucing bersayap

yang kanan apa yang kiri?
yang ini paling gampang
Sejarah mencatat penampakan pertama kucing bersayap disaksikan oleh Henry David Thoreau di sebuah hutan pada tahun 1842. Sejak saat itu beberapa kucing bersayap lain juga bisa ditemui ditampilkan dalam sirkus-sirkus keliling. Sayangnya kucing-kucing ini di beberapa negara banyak yang dibunuh karena dianggap sebagai penjelmaan setan. Padahal sama sekali tidak ada unsur mistis pada kucing-kucing tersebut melainkan hanyalah semata mutasi genetika.
Meskipun sayapnya tidak berfungsi seperti pada burung, beberapa kucing memang tumbuh tulang di bagian punggungnya. Sebagian lagi tidak tumbuh tulang tetapi bulu-bulu di punggung bagian kanan dan kiri tumbuh lebih panjang dan tebal sehingga menyerupai sayap. (sumber)

3. Katak berkepala tiga

tinggal dihitung jumlah kepalanya
tinggal dihitung jumlah kepalanya
Meskipun katak mutant bukanlah hal yang terlalu aneh, namun penemuan katak berkepala tiga di atas cukup mengagetkan. Pada tahun 2004, seekor katak mutant berkepala tiga dan berkaki enam ditemukan di kebun Green Umbrella Nursery di Inggris. Pada awalnya katak itu dikira tiga ekor katak yang sedang bertindihan namun setelah diamati lebih dekat ternyata tubuh katak-katak itu menyatu.
Para peneliti menyatakan bahwa mata dan kaki-kaki katak ini semua bisa berfungsi normal, meskipun hanya satu mulut saja yang bisa digunakan untuk makan. Beberapa pihak meyakini penyebab terjadinya mutasi pada telur katak ini kemungkinan karena polusi limbah nuklir pembangkit listrik tenaga nuklir Hinkley yang terletak 19 kilometer dari tempat ditemukannya katak tersebut. (sumber)

4. Kucing berwajah dua

idem dengan di atas
idem dengan di atas
Frank dan Louie adalah nama kucing, tetapi kedua nama itu bukanlah milik dua ekor kucing melainkan hanya satu ekor. Kucing ini mempunyai satu kepala tetapi berwajah dua dan bermata tiga. Mutasi semacam ini disebut sebagai diprosopia, sebuah mutasi yang sangat jarang terjadi yang menyebabkan hewan atau manusia mempunyai dua wajah dalam satu kepala.
Meskipun kasus semacam ini sebelumnya pernah dijumpai tetapi biasanya hanya bertahan hidup beberapa hari saja. Sedangkan Frank dan Louie telah berumur 12 tahun ketika dicatat dalam Guinness Book of World Record pada tahun 2011. Pemilik kucing ini adalah seorang pekerja di klinik hewan yang memeliharanya setelah pemilik sebelumnya menginginkan kucing ini disuntik mati. (sumber)

5. Babi berwajah kera

salah satunya adalah patung, yang mana?
salah satunya adalah patung, yang mana?
Lahir di sebuah desa terpencil di China, hewan yang disebut Monkeypig ini adalah seekor babi yang berwajah kera. Kondisi langka ini kemungkinan disebabkan karena pertumbuhan otak yang abnormal ketika masih dalam kandungan induknya. Kasus ini memang bukan pertama kalinya terjadi tetapi pada beberapa kasus sebelumnya tidak pernah ada yang hidup lama. Monkeypig hingga kini hidup sehat dan menjadi daya tarik wisatawan.
Sesaat setelah dilahirkan, pemilik babi ini sebenarnya ingin membuangnya karena merasa takut. Untungnya anaknya yang masih kecil suka kepadanya dan setiap hari bermain-main dengan babi tersebut. Sekarang terbukti keputusan untuk memeliharanya adalah tepat karena rupanya babi berwajah kera ini bisa menghasilkan banyak uang. (sumber)
Baca juga : 5 hewan hybrid ini asli apa palsu? dan 5 foto aneh yang bukan hasil Photoshop

Silahkan mengcopy isi artikel di blog ini tetapi harus disertakan link sumber (aktif). Apabila Admin menemukan konten yang tidak menyertakan link sumber (aktif), Admin akan mengirimkan DMCA Complaint ke pihak Google.
Anda tentu tidak mau website atau blog Anda kena deindex bukan?

0 Response to "5 Hewan Mutant Ini Asli Apa Palsu?"

Post a Comment

Hargai pendapat orang lain agar orang mau menghargai pendapat Anda. Komentar spam, irrelevant link dan junk otomatis dihapus.