25 Fakta Unik Tentang India Yang Mungkin Anda Tidak Tahu

Mark Twain pernah mengatakan bahwa India adalah moyangnya sejarah, legenda dan tradisi dimana terkumpul peninggalan sejarah paling berharga. Kata-kata ini bukanlah omong kosong belaka karena memang negara yang secara resmi disebut sebagai Republic of India ini memiliki keragaman agama, bahasa, dan budaya yang sangat unik sebagai hasil dari asimilasi berbagai macam budaya dunia.
Peradaban India sendiri sangat berwarna dan bervariasi, kaya akan warisan budaya dan merupakan salah satu peradaban paling kuno di dunia. Karena itu tidaklah mengherankan apabila negara ini mempunyai keunikan tersendiri. Apa saja fakta unik tentang India? Berikut rangkumannya versi mbakbro.com :

kuil Khajuraho
1. Kuil Khajuraho terkenal dan menjadi daya tarik wisata karena ukiran-ukirannya yang erotis. Para sejarawan hingga kini masih berdebat mengenai tujuan dibuatnya kuil ini dan mengapa gambaran hubungan seksual digambarkan secara gamblang di sana.
2. India adalah rumah bagi Bhut Jolokia, salah satu cabai terpedas di dunia. Juga disebut "cabai hantu". Cabai ini tumbuh di India Timur Laut dan rasanya lebih dari 400 kali lebih pedas dari saus Tabasco.
3. India adalah negara dengan konsumsi daging terendah di dunia. Hal ini bisa dimaklumi karena 40% populasinya adalah vegetarian sehingga India memegang rekor vegetarian terbanyak di dunia.
4. Hanya sekitar 1 dalam setiap 100 pernikahan di India berakhir dengan perceraian, menjadikannya sebagai salah satu negara dengan tingkat perceraian terendah di dunia.
magnetic hill
5. Magnetic Hill adalah bukit dengan gravitasi tinggi yang terletak dekat Leh di Ladakh, India. Bukit ini memiliki sifat magnetik cukup kuat untuk menarik mobil menanjak ke atas dan memaksa pesawat yang melewatinya meningkatkan ketinggian agar terhindar dari gangguan magnetik.
6. Dari sekian banyak kasus cek kosong di India, 2,5 juta di antaranya sengaja diberikan oleh warga sebagai protes kepada pejabat pemerintah yang meminta suap.
7. India adalah negara berbahasa Inggris terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat.
8. Meskipun permainan hoki diperkenalkan kepada rakyat India oleh Inggris, India ternyata sangat hebat dalam permainan ini di tahun 1920-an. Inggris terpaksa menarik diri dari Olimpiade pada tahun itu untuk menghindari kemungkinan kekalahan dari koloni mereka.
9. Jumlah kelahiran di India setiap tahun lebih dari total penduduk Australia.
Kumbh Mela
10. Kumbh Mela adalah festival keagamaan Hindu yang digelar 12 tahun sekali. Festival pada tahun 2011 tercatat sebagai rekor dengan lebih dari 75 juta peziarah. Begitu banyaknya orang-orang berkumpul pada satu tempat hingga terlihat dari ruang angkasa.
11. Lonar Lake, sebuah danau air asin di Maharashtra, tercipta ketika sebuah meteor menabrak bumi dan merupakan satu-satunya di India.
12. Shampoo diciptakan di India, bukan yang shampoo komersial modern tetapi metode membersihkan rambut dengan menggunakan herbal. Kata 'shampoo' itu sendiri diambil dari kata Sansekerta ‘champu’, yang berarti memijat.
13. Bapak program rudal India, APJ Abdul Kalam, pernah mengunjungi Swiss pada tahun 2006. Sejak kedatangannya, Swiss menyatakan 26 Mei sebagai Hari Ilmu Pengetahuan.
14. Ketika Dr Rajendra Prasad diangkat menjadi Presiden India, ia hanya mengambil 50% dari gajinya, karena dia tidak membutuhkan lebih dari itu. Menjelang akhir masa jabatannya dia malah hanya mengambil 25% dari gajinya.
Ben Kingsley dan Freddie Mercury
15. Freddie Mercury, penyanyi legendaris dari band rock Queen adalah keturunan India. Dia lahir dengan nama Farrokh Bulsara. Demikian juga dengan bintang Hollywood pemenang Oscar Ben Kingsley yang terlahir dengan nama Krishna Pandit Bhanji.
16. India adalah negara pertama untuk mengembangkan ekstraksi dan teknik pemurnian gula. Banyak ilmuwan dari luar negeri kemudian belajar teknik pemurnian dan budidaya gula dari India.
17. Shakuntla Devi diberi gelar “manusia kalkulator” setelah menghitung dengan tepat perkalian dua angka 13 digit: 7.686.369.774.870 × 2.465.099.745.779 yang diambil secara acak. Dia menjawab dengan benar dalam waktu 28 detik.
18. Rabindranath Tagore dikenal tidak hanya sebagai penulis lagu nasional India, Jana Gana Mana, tapi juga lagu kebangsaan Bangladesh, Amar Sonar Bangla. Ia juga ditawari gelar ksatria oleh kerajaan Inggris namun menolaknya karena jiwa nasionalisme.
19. Sekitar 80% penduduk India beragama Hindu sementara Muslim adalah minoritas terbesar di India dengan total sekitar 13% dari jumlah penduduk India. Dengan angka ini, India menjadi negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar ketiga di dunia setelah Indonesia dan Pakistan.
Shani Shingnapur
20. Semua rumah di Desa Shani Shingnapur, India, tidak memiliki daun pintu atau kunci seperti juga dengan sekolah, toko, bahkan bank karena di sana tidak pernah ada tindak kejahatan selama lebih dari 400 tahun.
21. Sebelumnya dikenal sebagai Moksha Patamu, permainan ular tangga awalnya diciptakan sebagai pelajaran moral tentang karma untuk diajarkan kepada anak-anak. Permainan ini kemudian dikomersialisasikan dan telah menjadi salah satu permainan papan paling populer di dunia.
22. Untuk menghindari polusi elemen (api, tanah, air, udara), pengikut Zoroastrianisme di India tidak menguburkan orang mati, melainkan meninggalkan tubuh dalam bangunan yang disebut "Towers of Silence" untuk dihabiskan burung nasar hingga bersih. Setelah tulang belulangnya mengering kemudian dimasukkan dalam sebuah sumur.
Baca juga : 25 fakta aneh tubuh manusia yang tidak Anda ketahui dan 25 fakta unik tentang manga dan anime
23. Sapi dapat ditemukan dengan bebas berkeliaran di jalan-jalan kota India. Mereka dianggap suci dan seringkali memakai tilak, simbol keberuntungan agama Hindu. Sapi dianggap sebagai salah satu dari tujuh ibu umat manusia karena mereka menghasilkan susu seperti halnya seorang ibu.
24. Seorang janda seringkali dianggap sebagai pembawa sial. Para janda tua di desa-desa sering disebut sebagai "orang yang makan suaminya." Dalam beberapa lingkungan yang masih kolot, para janda tidak diperbolehkan berada dekat dengan pengantin baru atau ikut dalam pertemuan sosial.
25. India adalah tempat lahirnya olahraga catur yang dalam bahasa Sansekerta disebut sebagai Chaturanga, artinya adalah “empat anggota pasukan”.

Bagaimana menurut pendapat Anda? Silahkan tulis komentar Anda pada kolom di bawah. Terimakasih.

Silahkan mengcopy isi artikel di blog ini tetapi harus disertakan link sumber (aktif). Apabila Admin menemukan konten yang tidak menyertakan link sumber (aktif), Admin akan mengirimkan DMCA Complaint ke pihak Google.
Anda tentu tidak mau website atau blog Anda kena deindex bukan?

0 Response to "25 Fakta Unik Tentang India Yang Mungkin Anda Tidak Tahu"

Post a Comment

Hargai pendapat orang lain agar orang mau menghargai pendapat Anda. Komentar spam, irrelevant link dan junk otomatis dihapus.