25 Fakta Unik Tentang Arab Saudi Ini Menarik Untuk Diketahui

Tahukah Anda bahwa kira-kira seperempat dari orang yang tinggal di Arab Saudi adalah imigran? Atau bahwa sekitar 1,5 juta warga asing pemeluk Kristen dan 400 ribu pemeluk Hindu ada di sana? Arab Saudi adalah tempat yang unik karena meskipun kondisi geografisnya sangat tidak bersahabat tetapi dengan hasil melimpah dari produksi minyak mampu menarik banyak tenaga kerja asing untuk bekerja di sana. Berikut mbakbro sajikan 25 fakta unik tentang Arab Saudi :

sidewalk ski
#1 Anak-anak muda di Arab Saudi menemukan olahraga mengemudi baru yang berbahaya tapi menarik yang disebut “Sidewalk Ski”, yaitu menyeimbangkan mobil pada satu sisi ketika mobil bergerak.
#2 Arab Saudi tengah mempertimbangkan untuk mengganti hukuman mati nasional dari hukum pancung menjadi regu tembak karena kekurangan algojo.
#3 Piala Raja, adalah lomba balap sejauh 19 km yang diikuti hingga 2.000 peserta, merupakan perlombaan balap unta yang berlangsung setiap tahun selama Festival Nasional Al-Jenandriyah di Arab Saudi.
#4 Arab Saudi adalah negara tanpa sungai terbesar di dunia. Sungai-sungai yang dulu pernah ada di sana semuanya mengering.
#5 Aktivitas homoseksual di Arab Saudi merupakan tindak pidana yang bisa mendapatkan hukuman mati atau, setidaknya dipenjara dengan tambahan hukuman cambuk.

film dokumenter death of a princess
#6 Keluarga kerajaan Arab Saudi, meskipun telah menghabiskan dana 500 juta dollar gagal menghentikan peredaran film dokumenter “Death of a Princess” yang menceritakan hukuman mati kepada seorang anggota kerajaan yang kawin lari dengan rakyat biasa.
#7 Praktek perbudakan baru dihapuskan di Arab Saudi pada tahun 1962.
#8 Arab Saudi hingga kini tetap menjadi monarki absolut dan menjadikannya monarki absolut terakhir di dunia. Kerajaan ini telah diperintah oleh keluarga Al-Saud sejak awal terbentuk sebagai bangsa pada 23 September 1932.
#9 Non-muslim tidak diperbolehkan untuk memiliki kewarganegaraan Saudi, dan tempat-tempat ibadah non-muslim tidak boleh didirikan di Arab Saudi.
#10 Menurut data PBB dari tahun 2013, 30% dari total populasi Arab Saudi adalah imigran.

TKI jual pakaian dalam
#11 Karena sebelumnya hukum di Arab Saudi menyatakan bahwa perempuan tidak bisa bekerja di luar rumah, maka penjual pakaian dalam pun adalah pria. Baru pada tahun 2012, Raja Abdullah menghapus hukum ini setelah mendapat tekanan dari perempuan Arab Saudi yang merasa tidak nyaman ketika membeli pakaian dalam.
#12 Harga properti di kota-kota Arab Saudi mengalami lonjakan yang luar biasa antara 2003 hingga 2008. Di Mekah, harga tanah dekat dengan Masjidil Haram pernah mencapai US $106.700 per meter persegi.
#13 Raja Faisal memperkenalkan televisi ke Arab Saudi pada tahun 1965. Namun, para pemimpin agama menentang hal ini. Pada tahun 1975, salah satu keponakan Raja Faisal ditembak mati oleh polisi setelah memimpin serangan di sebuah stasiun televisi. Sebagai aksi balas dendam, pada tahun itu pula saudaranya menembak mati Raja Faisal.
#14 Dulu semua non-Muslim tidak boleh dikubur dalam wilayah Arab Saudi. Hanya setelah tahun 2012, kerajaan ini memperbolehkan pemakaman dengan persyaratan ketat.
#15 Kira-kira 95% dari wilayah Arab Saudi adalah gurun pasir atau semi-gurun, dan kerajaan ini adalah rumah bagi beberapa gurun pasir terbesar di dunia.

perempuan mengemudi di Arab Saudi
#16 Perempuan secara resmi dilarang untuk mengemudi, kecuali di dalam kompleks perumahan ekspatriat.
#17 Sebagai ganti pajak penghasilan, Arab Saudi mengenakan zakat sebesar 2,5% yang dikenakan pada keseluruhan aset kecuali untuk orang asing.
#18 Pada tahun 2009, Raja Abdullah menunjuk Nour Al-Fayez sebagai Deputi Menteri Pendidikan Perempuan, dia adalah wanita pertama yang masuk lingkaran dalam dari pemerintahan Arab Saudi.
#19 Orang Arab menyebut kopi sebagai “Gahwa”. Para sejarawan menyebut warung kopi pertama di dunia dibuka di Mekkah sekitar pertengahan abad 15.
#20 .King Abdul Aziz bin Rahman Al Saud, atau Ibn Saud, dianggap sebagai bapak dari bangsa Arab. Pada tahun 1932, setelah memproklamasikan kemerdekaan untuk Arab Saudi, ia menobatkan diri menjadi raja. Selama hidupnya, dia mempunyai 17 istri. Ibn Saud adalah juga salah satu dari sedikit orang dalam sejarah yang menamai negaranya dengan namanya sendiri.

kuda Arab
#21 Kuda memainkan peran penting dalam sejarah Arab. Pertama kali dijinakkan sekitar tahun 4.000 SM di Ukraina, mereka kemudian tersebar di seluruh dunia. Kuda Arab dikenal mempunyai bentuk tubuh yang tinggi besar, selain kecepatan dan daya tahan. Karena itu kuda mempunyai andil besar dalam sejarah penyebaran Islam
#22 Putra dari Raja Ibn Saud, Pangeran Sattam bin Abdul Aziz adalah anak pertama yang mendapatkan gelar dari universitas AS dan satu-satunya pangeran yang memiliki satu istri.
#23 Pada tahun 2011, Raja Abdullah mengumumkan bahwa perempuan diizinkan untuk memilih pada pemilu tahun 2015, hal ini membuat Arab Saudi menjadi negara terakhir di bumi yang mengizinkan perempuan untuk memilih.
#24 Pada tahun 1985, Pangeran Sultan bin Salman menjadi warga Saudi, keturunan Arab, sekaligus Muslim pertama yang melakukan perjalanan ke ruang angkasa ketika ia mengikuti ekspedisi kapal ulang-alik AS Discovery.

polisi anti sihir di Arab
#25 Arab Saudi menganggap ilmu sihir sesuatu yang sangat serius. Karena itu kerajaan ini melarang peredaran buku Harry Potter dan juga mendirikan unit Polisi Anti Sihir. Unit ini ditugaskan untuk menangkap penyihir dan membalikkan efek berbahaya dari mantra mereka.
Bagaimana menurut pendapat Anda? Silahkan tulis komentar Anda pada kolom di bawah. Terimakasih.

Silahkan mengcopy isi artikel di blog ini tetapi harus disertakan link sumber (aktif). Apabila Admin menemukan konten yang tidak menyertakan link sumber (aktif), Admin akan mengirimkan DMCA Complaint ke pihak Google.
Anda tentu tidak mau website atau blog Anda kena deindex bukan?

0 Response to "25 Fakta Unik Tentang Arab Saudi Ini Menarik Untuk Diketahui"

Post a Comment

Hargai pendapat orang lain agar orang mau menghargai pendapat Anda. Komentar spam, irrelevant link dan junk otomatis dihapus.