Daftar 10 Film Horror Yang Dibuat Berdasarkan Kisah Nyata (Bagian 1)

Suka nonton film horror? Tahun 2014 ini kayaknya lumayan banyak film horror bagus yang dilempar ke pasaran. Diantaranya ada Dracula Untold, Cabin Fever 3 : Patient Zero, lalu ada Deliver Us From Evil, Annabelle, Jessabelle, dan lain-lain.
Nah, asal kalian tahu, ada beberapa film horror terkenal yang dibuat berdasarkan kisah nyata, atau minimal terinspirasi dari kisah nyata. Ada yang berupa misteri pembunuhan, ada pula penampakan supernatural, pembunuhan berantai, dan lain-lain. Penasaran? Berikut daftar 10 film horror yang dibuat terinspirasi dari kisah nyata versi mbakbro.com :

1. The Amityville Horror

The Amityville Horror
The Amityville Horror
Film ini sudah dibuat dalam berbagai versi, tercatat kira-kira ada 11 versi yang sudah beredar dan 1 versi yang masih dalam proses pembuatan, yaitu Amityville: The Awakening. Versi pertama yang sudah beredar adalah The Amityville Horror (1979) dan terakhir adalah The Amityville Asylum (2013).
Film ini bercerita tentang pengalaman supernatural George dan Kathy Lutz beserta keluarga yang baru pindah rumah ke 112 Ocean Avenue, Amityville, Long Island, New York, tanpa mengetahui bahwa setahun sebelumnya di rumah itu terjadi pembunuhan mengerikan yang diduga dilakukan oleh Ronald DeFeo, Jr. Sedangkan korbannya ada 6 orang yang semuanya adalah keluarga DeFeo, terdiri dari ayah, ibu, dua orang saudara laki-lakinya, dan dua orang saudara perempuan. Sementara motif pembunuhan itu sampai sekarang masih menjadi misteri.
Diantara banyak versi film ini, yang pernah mencapai box office antara lain versi tahun 2005 dengan judul yang sama (The Amityville Horror), mencapai pendapatan sekitar $108 juta.

2. The Haunting in Connecticut

The Haunting in Connecticut
The Haunting in Connecticut
Berdasarkan kisah nyata yang ditulis dalam buku "In a Dark Place: The Story of a True Haunting", film ini seperti juga film The Amityville Horror, menceritakan tentang keluarga Snedeker yang baru pindah ke sebuah rumah yang merupakan bekas kuburan. Padahal, bekas penjaga kuburan itu dulunya adalah praktisi necromancy alias ilmu hitam yang bertujuan membangkitkan mayat hidup. Maka jadilah keluarga yang baru pindah itu dihantui oleh arwah-arwah gentayangan yang berada dalam rumah itu.
Film yang diproduksi pada tahun 2009 ini tercatat sebagai salah satu film horror yang mencapai box office dengan pendapatan sekitar $77,5 juta.

3. The Mothman Prophecies

The Mothman Prophecies
The Mothman Prophecies
Film yang beredar pada tahun 2002 dan dibintangi oleh Richard Gere ini dibuat berdasarkan kisah nyata yang terjadi di  Point Pleasant, West Virginia antara tahun 1966 hingga 1967, film ini sebagian berdasarkan pada buku yang ditulis oleh John Keel pada tahun 1975 dengan judul yang sama.
Menceritakan tentang petualangan seorang reporter yang menyelidiki fenomena kemunculan “Mothman”, makhluk seukuran manusia yang bersayap. Banyak saksi mata menyatakan melihat langsung sosok makhluk ini pada tahun 1966 hingga 1967 di sekitar area bekas gudang amunisi di masa perang dunia II. Dilaporkan makhluk ini berwarna putih, wajahnya mirip serangga dengan mata berwarna merah menyala. Dalam kurun waktu sekitar satu tahun, makhluk ini dilaporkan telah membunuh sebanyak 46 orang.
Film ini sendiri bisa dikatakan cukup berhasil dari segi finansial dengan mencatatkan pemasukan sekitar $55 juta.

4. The Texas Chainsaw Massacre

The Texas Chainsaw Massacre
The Texas Chainsaw Massacre
Telah diproduksi dalam 7 versi, film ini mencatatkan pemasukan yang fantastis yaitu sekitar $235 juta dari ketujuh versinya. Versi pertama beredar pada tahun 1974 dengan judul The Texas Chain Saw Massacre, sedangkan yang terakhir pada tahun 2013 dengan judul Texas Chainsaw 3D.
Menceritakan tentang sosok Leatherface, seorang psikopat yang memakai topeng dari kulit manusia dan selalu membunuh pendatang yang melewati wilayahnya dengan gergaji mesin lalu memakan dagingnya.
Film ini sendiri terinspirasi dari kisah nyata pembunuh keji bernama Ed Gein (Edward Theodore Gein) yang tinggal di Plainfield, Wisconsin. Jumlah korban Ed Gein sendiri sampai sekarang masih menjadi misteri karena yang bersangkutan sulit diinterogasi dan dinyatakan mengalami gangguan kejiwaan. Akan tetapi dari penyelidikan polisi, di rumahnya ditemukan berbagai bukti yang mengerikan. Selain sesosok mayat wanita yang masih setengah utuh tergantung telanjang bulat, ditemukan pula tulang belulang, panci berisi kulit manusia, topeng dari kulit manusia, kursi dengan alas duduk dari kulit manusia, mangkuk terbuat dari tengkorak yang digergaji bagian atasnya, 4 hidung manusia, sebuah sabuk yang terbuat dari potongan puting susu wanita, 9 potongan alat kelamin wanita di sebuah kotak sepatu, serta sepasang bibir wanita.

5. The Serpent and the Rainbow

The Serpent and the Rainbow
The Serpent and the Rainbow
Film yang disutradarai oleh Wes Craven ini diedarkan pada tahun 1988, dibintangi oleh Bill Pullman dan menceritakan tentang penyelidikan praktek voodoo yang terjadi di Haiti.
Film ini berdasarkan pada kisah nyata dalam buku berjudul sama yang ditulis oleh Wade Davis, seorang antropologis, tentang penyelidikannya pada kasus penculikan Clairvius Narcisse, seorang warga Haiti yang dibius dengan campuran racun katak dan ikan buntal, kemudian dikubur hidup-hidup. Ketika kemudian diangkat dari dalam kuburnya, Narcisse masih hidup akan tetapi dia kehilangan pikirannya, tidak ada bedanya dengan zombie. Narcisse kemudian dipekerjakan di perkebunan selama dua tahun oleh penculiknya sebelum akhirnya si penculik meninggal dunia, dan Narcisse pun terbebas. Narcisse baru bisa pulang ke rumahnya setelah 18 tahun dianggap meninggal dunia oleh keluarganya.
Film ini sendiri dirilis oleh Universal Pictures dan mencatatkan penghasilan sekitar $19 juta.

Bersambung ke Daftar 10 Film Horror Yang Dibuat Berdasarkan Kisah Nyata (Bagian 2)


Silahkan mengcopy isi artikel di blog ini tetapi harus disertakan link sumber (aktif). Apabila Admin menemukan konten yang tidak menyertakan link sumber (aktif), Admin akan mengirimkan DMCA Complaint ke pihak Google.
Anda tentu tidak mau website atau blog Anda kena deindex bukan?

0 Response to "Daftar 10 Film Horror Yang Dibuat Berdasarkan Kisah Nyata (Bagian 1)"

Post a Comment

Hargai pendapat orang lain agar orang mau menghargai pendapat Anda. Komentar spam, irrelevant link dan junk otomatis dihapus.