5 Sipir Yang Berhutang Nyawa Pada Napi

Penjaga penjara atau sipir adalah pekerjaan yang menakutkan bagi sebagian orang dimana tempat mereka bekerja adalah sebuah tempat yang berbahaya, penuh dengan penjahat yang sulit diprediksi. Meskipun semua penjara mempunyai standar keamanan yang tinggi tetapi ketika berada di tempat itu, siapapun bisa menjadi korban kekerasan termasuk para sipir.
Untungnya napi juga manusia biasa yang juga mempunyai rasa kemanusiaan sehingga ketika para sipir menghadapi bahaya yang mengancam nyawa, para napi tidak segan untuk menolongnya. Berikut daftar 5 kasus sipir yang berhutang nyawa kepada para napi versi mbakbro.com :

1. Sipir Kenneth Moon

rekaman CCTV
rekaman CCTV
Tanggal 2 November 2009 adalah hari yang tidak akan pernah dilupakan oleh Kenneth Moon, seorang sipir baik hati berusia 64 tahun yang bertugas di penjara Hillsborough County, Florida. Ketika itu, sipir yang mulai beranjak tua ini tiba-tiba dicekik dari belakang oleh seorang napi kulit hitam bernama Douglas Burden (24 th) yang dipenjara karena kasus narkoba. Andai saja saat itu tidak ada yang menolongnya, pasti nyawanya akan melayang.
Namun keberuntungan rupanya masih berpihak kepadanya karena di saat kritis itu, datang seorang napi lain bernama Jerry Dieguez Jr. (48 th), seorang perampok yang juga mantan marinir. Melihat nyawa Kenneth dalam bahaya, Jerry langsung berlari dan menghajar Douglas. Beberapa napi lain yang kemudian datang juga membantu Jerry. Peristiwa yang direkam kamera CCTV itu cukup menggemparkan hingga diangkat sebagai tema dalam acara Oprah Winfrey Show. Videonya bisa Anda saksikan disini. (sumber)

2. Sipir James Chapman

penjara Florida
penjara Florida
Bulan Juli 1983 adalah tahun kelima James Chapman bekerja sebagai sipir di penjara Florida. Pada tanggal 12 bulan itu, Chapman yang ketika itu berusia 35 tahun menegur seorang napi pelaku pembunuhan bernama Alfonzie Mathis Jr. tentang perilakunya yang suka memacari napi lain dengan paksa. Napi ini rupanya tidak suka ditegur sehingga dia menghunus pisau buatannya sendiri dan mencoba menusuk Chapman.
Untunglah saat itu juga seorang napi lain mendorong tubuh Chapman ke samping sehingga pisau Mathis hanya menyerempet pundaknya. Dua orang napi lain kemudian menyergap Mathis namun dia berhasil kabur hingga akhirnya berhasil dilumpuhkan oleh sipir lain. Nama ketiga napi tersebut tidak diungkapkan karena alasan keamanan. (sumber)

3. Napi James M. Flowers Jr.

pisau tersangka
pisau tersangka
Awal tahun 2012, dua orang napi yang menjalani hukuman di penjara SeaTac, Sabir Shabazz dan Roy Fritts tiba-tiba menyerang seorang sipir yang tidak disebutkan namanya menggunakan pipa besi dan pisau. Andai saja tidak ada napi bernama James M. Flowers Jr. yang menolong, tentu sipir tersebut akan meregang nyawa. Flowers dan beberapa napi lain berhasil merebut senjata kedua napi remaja tersebut dan meminta bantuan dari petugas yang lain.
Peristiwa itu membuat sipir tersebut cacat seumur hidup sehingga tidak bisa lagi bertugas sedangkan Flowers mendapat keringanan hukuman selama 10 tahun untuk aksi kepahlawanannya. Ganjaran untuk Shabazz dan Fritts adalah tambahan hukuman masing-masing selama 32 tahun dan 28 tahun. (sumber)

4. Sipir Mike Riggs

ilustrasi
ilustrasi
Ketika sedang menugaskan sembilan orang napi membersihkan sebuah pemakaman, sipir Mike Riggs yang bertugas di penjara Nevada tiba-tiba menjadi korban ledakan kaleng gas yang sedang digunakan membakar alang-alang. Dalam sekejap nyala api menyambar pakaian dan tubuh sipir malang ini.
Sebenarnya kejadian ini bisa dimanfaatkan oleh sembilan napi tersebut untuk melarikan diri karena saat kejadian tidak ada sipir lain di pemakaman itu dan kunci mobil tahanan juga dikantongi oleh Mike. Tetapi rasa kemanusiaan mengalahkan keinginan untuk kabur sehingga mereka serta merta memadamkan api di tubuh Mike dan melarikannya ke rumah sakit terdekat. Berkat kesigapan mereka nyawa Mike bisa diselamatkan dan sebagai hadiahnya kesembilan napi tersebut mendapatkan keringanan hukuman. (sumber)

5. Napi Antonio Duane Brown

Antonio Duane Brown
Antonio Duane Brown
Tanggal 14 September 2012 seorang napi bernama Willie Williams menyerang seorang sipir wanita yang tidak disebutkan namanya. Sipir ini tidak sempat membunyikan alarm karena diserang dari belakang. Untungnya sesaat sebelum tubuhnya jatuh, tangannya sempat menekan tombol untuk membuka pintu kamar tahanan beberapa napi.
Antonio Duane Brown adalah napi pertama yang membantu. Setelah itu enam napi lain menyergap Willie dan menahannya hingga bantuan tiba. Meskipun menderita luka-luka cukup parah, nyawa sang sipir berhasil tertolong dan Antonio dibebaskan beberapa minggu kemudian. (sumber)
Baca juga : 5 penjara paling mewah di dunia dan 5 napi dengan hukuman terlama di dunia 

Silahkan mengcopy isi artikel di blog ini tetapi harus disertakan link sumber (aktif). Apabila Admin menemukan konten yang tidak menyertakan link sumber (aktif), Admin akan mengirimkan DMCA Complaint ke pihak Google.
Anda tentu tidak mau website atau blog Anda kena deindex bukan?

0 Response to "5 Sipir Yang Berhutang Nyawa Pada Napi"

Post a Comment

Hargai pendapat orang lain agar orang mau menghargai pendapat Anda. Komentar spam, irrelevant link dan junk otomatis dihapus.