Gerhana Matahari Total 20 Maret 2015: 5 Ritual Aneh Di Dunia

Gerhana matahari adalah peristiwa ketika orbit bulan sejajar diantara bumi dan matahari sehingga cahaya matahari tertutup sebagian atau seluruhnya. Dalam gerhana matahari total, lingkaran matahari tertutup sepenuhnya oleh bulan sedangkan gerhana matahari sebagian terjadi apabila hanya sebagian lingkaran matahari yang tertutup bulan.
Pada tanggal 20 Maret 2015 mendatang, akan terjadi lagi gerhana matahari total yang disebut juga sebagai supermoon solar eclipse. Para ilmuwan memprediksi gerhana ini akan tampak sempurna apabila dilihat dari wilayah Britania Raya terutama wilayah Skotlandia. 
gerhana matahari total
gerhana matahari total
Jika jaman sekarang para ilmuwan mengkhawatirkan kekurangan energi karena generator pembangkit listrik tenaga surya kurang mendapat pasokan energi, lalu bagaimana dengan di masa lalu. Berikut daftar 5 ritual aneh terkait dengan gerhana matahari di seluruh dunia versi mbakbro.com :

1. Menembak bulan

Masyarakat Cina percaya bahwa gerhana matahari terjadi karena dewa naga hendak ‘memakan’ matahari, karena itulah mereka kemudian berusaha ‘menembak’ sang naga agar mengurungkan niatnya. Tradisi ini telah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Para prajurit Cina kuno bahkan menggunakan meriam karena takut matahari tidak akan bersinar lagi.

2. Memukuli peralatan dapur

Ritual ini tidak hanya dilakukan di negara-negara dunia ketiga, namun hampir di seluruh dunia termasuk di Eropa yang katanya berpikiran lebih terbuka. Beranggapan bahwa bulan sedang ‘menyerang’ matahari, mereka membunyikan peralatan dapur untuk menakut-nakuti bulan yang sedang ‘marah’.
Kepercayaan ini terutama berkembang di daerah Timur Tengah dan telah ada sejak berabad-abad yang lalu. Rupanya ritual ini selalu berhasil karena bulan selalu batal menyerang matahari setiap terjadi gerhana. :v

3. Tutup jendela dan kunci pintu rumah

Di India, masyarakat percaya bahwa gerhana bisa mempengaruhi wanita hamil, karena itulah disarankan agar mereka tinggal di dalam rumah. Sementara di belahan dunia lain, gerhana juga dipercaya sebagai penyebab lahirnya bayi dengan bibir sumbing dan tanda lahir lain.
Semua ritual ini menurut mbakbro sejujurnya adalah rubbish, karena satu-satunya resiko gerhana hanya terjadi pada mata apabila menatapnya terlalu lama.

4. Buang makanan

Ritual ini dijalankan oleh sebagian penganut Hindu. Sebelum gerhana terjadi, mereka membersihkan rumah dan membuang semua makanan yang telah dimasak karena dianggap telah tercemari gerhana.
Setelah itu ritual dilanjutkan dengan berdoa hingga gerhana usai, sebelum diakhiri dengan mandi kemudian keluar rumah untuk bersedekah.

5. Memakai sandal berwarna merah

Para wanita yang percaya tahayul di Amerika Selatan meyakini bahwa gerhana akan meninggalkan tanda lahir pada bayi yang masih di kandungan. Karena itulah mereka menggunakan sandal berwarna merah agar luput dari bencana itu. Pada masa lalu, suku Maya dan Aztec menggunakan mata panah dan tali merah untuk mencegah hal itu terjadi. (source)

Penutup

Kalau di Indonesia kira-kira ritual apa yang dilaksanakan terkait gerhana matahari? Apabila Anda tahu, silahkan tulis komentar pada kolom komentar di bawah. Terimakasih.

Silahkan mengcopy isi artikel di blog ini tetapi harus disertakan link sumber (aktif). Apabila Admin menemukan konten yang tidak menyertakan link sumber (aktif), Admin akan mengirimkan DMCA Complaint ke pihak Google.
Anda tentu tidak mau website atau blog Anda kena deindex bukan?

5 Responses to "Gerhana Matahari Total 20 Maret 2015: 5 Ritual Aneh Di Dunia"

  1. biasanya kalo di tempat q kalo ada gerhana lalu ada yang hamil pasti bancaan nasi liwet sama telur yg di rebus sambal trasi di makan sama tetangga di latar.. trz buat yg hamil harus mandi kramas begitu kalo di tempat q

    ReplyDelete
  2. 20 maret ulang tahunku loh, ritual yg sering dilakukan adalah meniup lilin dan makan kue ulang tahun ^^ :v

    ReplyDelete

Hargai pendapat orang lain agar orang mau menghargai pendapat Anda. Komentar spam, irrelevant link dan junk otomatis dihapus.