Daftar 5 Tokoh Utama Serial Shakuntala Beserta Sinopsis

Cerita Shakuntala terdapat dalam bab pertama dari sembilan belas bab cerita epik Mahabharata yang disebut Adi Parva (buku permulaan). Cerita yang rencananya akan ditayangkan di ANTV mulai tanggal 9 Februari 2015 ini kelihatannya juga akan menarik minat banyak pemirsa TV seperti serial-serial India sebelumnya, Mahabharata dan Jodha Akbar.
Sebelumnya ingin saya sampaikan bahwa tulisan ini bukan berdasarkan serial film Shakuntala, namun berdasarkan buku epik Mahabharata. Karena sebagaimana kita tahu, antara cerita asli dengan apa yang ditampilkan di TV biasanya agak sedikit berbeda.
Lalu siapa sajakah tokoh cerita Shakuntala ini? Bagaimana cerita singkat atau sinopsisnya? Langsung saja, berikut saya sajikan daftar 5 tokoh utama berikut sinopsis Shakuntala :

1. Wiswamitra

Wiswamitra menonton ketika Rama memenangkan sayembara Sinta
Wiswamitra menonton ketika Rama memenangkan sayembara Sinta
Wiswamitra atau dalam bahasa Sansekerta disebut Vishvamitra di masa mudanya adalah seorang raja sekaligus prajurit tangguh yang disebut Kaushika. Setelah merasa dipermalukan karena kalah oleh seorang pertapa bernama Wasista, Wiswamitra kemudian meninggalkan singgasana dan pergi bertapa.
Jangan heran kalau ada kesinambungan antara cerita Ramayana, Shakuntala, dan Mahabharata, karena ketiga cerita ini ada dalam satu buku. Dalam cerita Ramayana, Wiswamitra adalah guru dari pangeran Ayodya, Rama dan adiknya Laksmana.
Setelah bertapa bertahun-tahun dan mendapatkan pengetahuan dari dewa Siwa, Wiswamitra menjelma menjadi seorang maha resi sakti. Karena merasa takut melihat kesaktian Wiswamitra, dewa Indra kemudian mengirim seorang bidadari (widodari: Jawa), untuk menggoda dan menggagalkan pertapaan Wiswamitra.

2. Menaka (Menka)

Menaka berusaha menggoda Wiswamitra
Menaka berusaha menggoda Wiswamitra
Dalam mitologi Hindu, Menaka atau yang dalam bahasa Sansekerta disebut Menka, adalah salah satu bidadari tercantik di surga. Menaka inilah yang kemudian dikirim oleh dewa Indra untuk menggoda Wiswamitra. Karena tergoda oleh kecantikan Menaka, Wiswamitra kemudian meninggalkan pertapaan dan keduanya terlibat dalam hubungan romantis. Namun niat Menaka yang semula hanya untuk menuruti perintah dewa Indra lama-lama berubah menjadi cinta yang sesungguhnya hingga akhirnya dia pun mengandung.
Begitu Wiswamitra menyadari bahwa dia telah tertipu oleh dewa Indra, sang resi pun menjadi marah dan mengutuk Menaka agar selamanya terpisah darinya. Bahkan begitu marahnya, Wiswamitra pun tidak mau mengakui anak hasil hubungannya dengan Menaka.

Baca juga : 5 fakta unik serial Jodha Akbar dan 5 fakta unik serial Mahabharata

3. Shakuntala

Wiswamitra menolak mengakui bayi Shakuntala
Wiswamitra menolak mengakui bayi Shakuntala
Mengetahui bahwa Wiswamitra tidak mau memelihara anak yang dilahirkannya disamping dia sendiri pun harus kembali ke surga, Menaka meninggalkan anak perempuan yang baru dilahirkannya di tengah hutan. Untungnya ada seorang resi bernama Kanwa yang menemukan bayi itu dan membesarkannya. Begitu resi Kanwa melihat seorang bayi mungil dikelilingi oleh burung Shakuntala, dia pun memberi nama bayi itu Shakuntala.

4. Dusyanta

Dusyanta bertemu Shakuntala
Dusyanta bertemu Shakuntala
Dusyanta (Dushyanta) adalah pangeran dari kerajaan Hastinapura. Ketika muda, Dusyanta pergi berburu ke sebuah hutan dan disana dia bertemu dengan Shakuntala. Keduanya seketika jatuh cinta pada pandangan pertama. Di hutan itu mereka menikah hingga Shakuntala pun mengandung. Ketika harus kembali ke kerajaan Hastinapura, Dusyanta memberi Shakuntala cincin kerajaan sebagai tanda cinta sambil berjanji akan segera kembali.
Setelah menjadi raja, Dusyanta menjadi sibuk dengan urusan kerajaan. Selama beberapa tahun Shakuntala menunggu dalam ketidakpastian. Pada suatu hari, seorang pertapa bernama resi Durwasa datang menemui Shakuntala. Karena terlalu asyik memikirkan Dusyanta, Shakuntala lupa tidak menyajikan makanan untuk sang pertapa hingga akhirnya dia marah dan mengutuk Shakuntala, dengan mengatakan bahwa orang yang sedang dipikirkannya akan melupakan dirinya kecuali dia menunjukkan barang yang pernah diberikannya.

5. Bharata

Bharata bermain dengan anak singa
Bharata bermain dengan anak singa
Bharata adalah anak hasil pernikahan Dusyanta dan Shakuntala yang dilahirkan ketika Dusyanta kembali ke istana di Hastinapura. Bharata inilah yang kelak akan menjadi raja besar penguasa Hastinapura sekaligus nenek moyang Pandawa dan Kurawa.
Setelah menerima kutukan resi Durwasa, Shakuntala bergegas pergi ke Hastinapura untuk menyusul Dusyanta. Namun naas, dalam perjalanan ketika melintasi sebuah sungai, cincin yang dihadiahkan Dusyanta jatuh dan dimakan seekor ikan.
Lantas bagaimana perjalanan hidup Shakuntala selanjutnya hingga akhirnya dia bertemu kembali dengan Dusyanta? Silahkan menunggu serial Shakuntala yang akan segera tayang di ANTV. :D

Silahkan mengcopy isi artikel di blog ini tetapi harus disertakan link sumber (aktif). Apabila Admin menemukan konten yang tidak menyertakan link sumber (aktif), Admin akan mengirimkan DMCA Complaint ke pihak Google.
Anda tentu tidak mau website atau blog Anda kena deindex bukan?

0 Response to "Daftar 5 Tokoh Utama Serial Shakuntala Beserta Sinopsis"

Post a Comment

Hargai pendapat orang lain agar orang mau menghargai pendapat Anda. Komentar spam, irrelevant link dan junk otomatis dihapus.