5 Mutasi Genetik Tubuh Manusia Paling Aneh

Di dunia ini tidak ada dua orang yang secara biologis sama persis, termasuk kembar identik. Hal ini dikarenakan setiap manusia memiliki genome yang berbeda. Perbedaan biologis ini terkadang membawa seseorang pada mutasi genetik yang sangat-sangat langka dan bahkan ‘menakutkan’.
Di masa lalu, para pengidap kelainan mutasi genetik ini biasa disebut sebagai monster, anak genderuwo, anak jin dan lain sebagainya, tetapi sekarang, kita mengetahui bahwa mereka sebenarnya adalah manusia biasa yang memiliki kelainan variasi genetik. Berikut daftar 5 mutasi genetik tubuh manusia paling aneh versi mbakbro.com :

1. Sindrom Putri Duyung

sirenomelia
sirenomelia
Kelainan genetika ini terjadi ketika seorang bayi lahir dengan kedua kaki dempet sehingga memberikan kesan seperti ekor putri duyung. Biasanya bayi-bayi ini tidak bisa hidup lama karena rata-rata juga menderita komplikasi kandung kemih dan ginjal yang menyatu. Meskipun demikian, ada beberapa kasus bayi yang selamat dari kondisi ini, termasuk bayi dalam foto di atas. Dalam bahasa latin kelainan ini disebut sebagai sirenomelia.

2. Progeria

progeria
progeria
Kelainan genetika ini selain aneh juga langka dan mematikan karena menyebabkan percepatan penuaan. Kebanyakan anak yang menderita progeria hanya mampu bertahan hidup hingga usia 13 tahun. Biasanya penderita meninggal karena serangan jantung, stroke atau penyakit lain yang umumnya diderita para manula. Kemungkinan seorang bayi terkena mutasi genetika ini diperkirakan berkisar antara 1 per 8 juta kelahiran.
Penyakit ini disebabkan karena mutasi pada gen LMNA, sejenis protein yang menyuplai inti sel. Gejala progeria ini antara lain kulit yang kasar dan kaku, rambut rontok, dan kelainan pertumbuhan tulang.

3. Manusia Pohon

Dede Koswara
Dede Koswara
Mutasi genetik yang dalam bahasa latin disebut sebagai epidermodysplasia verruciformis ini adalah sebuah mutasi genetik yang sangat langka yang membuat infeksi human papillomavirus (HPV) menyebar ke seluruh tubuh. Infeksi ini kemudian membuat papula (benjolan di kulit) tumbuh liar di tangan, kaki, bahkan wajah dan tampak seperti kutil raksasa.
Mutasi genetik aneh yang hingga kini belum ada obatnya ini disebut juga dengan Lewandowsky-Lutz dysplasia dimana salah satu penderitanya adalah warga Indonesia bernama Dede Koswara yang pada tahun 2007 menggegerkan situs Youtube dengan beredarnya video tentang dirinya yang disebut sebagai “Manusia Pohon”.

4. Capit Lobster

capit Lobster
capit Lobster
Jika masyarakat umum menyebutnya sebagai capit lobster, mutasi genetik ini dalam bahasa latin disebut ‘ectrodactyly’, adalah terpisahnya telapak tangan atau kaki yang disebabkan karena adanya kelainan pada kromosom 7.  Hal ini menyebabkan hilangnya bagian tengah telapak tangan/kaki hingga sekilas nampak seperti capit.

5. Manusia Patung

manusia patung
manusia patung
Jika ingin menggambarkan cerita Malin Kundang yang dikutuk ibunya menjadi patung batu, mungkin mutasi genetika ini yang paling tepat. Dikenal dengan nama latin Fibrodysplasia Ossificans Progressiva, mutasi genetik ini bisa membuat penderitanya perlahan-lahan berubah menjadi ‘manusia patung’ karena jaringan tubuh yang rusak akan tumbuh menjadi tulang. Jaringan tubuh tersebut termasuk otot, tendon dan ligamen, sehingga perlahan-lahan penderitanya tidak bisa bergerak lagi karena tubuhnya kaku. Bahkan pada tahun 1973 seorang penderitanya, Harry Eastlack, hanya mampu mengedipkan mata dan menggerakkan bibir saja.

Baca juga :
Quiz : 5 hewan mutan ini asli atau palsu?
Quiz : 5 hewan hasil kawin silang ini asli atau palsu?


Silahkan mengcopy isi artikel di blog ini tetapi harus disertakan link sumber (aktif). Apabila Admin menemukan konten yang tidak menyertakan link sumber (aktif), Admin akan mengirimkan DMCA Complaint ke pihak Google.
Anda tentu tidak mau website atau blog Anda kena deindex bukan?

0 Response to "5 Mutasi Genetik Tubuh Manusia Paling Aneh"

Post a Comment

Hargai pendapat orang lain agar orang mau menghargai pendapat Anda. Komentar spam, irrelevant link dan junk otomatis dihapus.