Aneh, 5 Mayat Ini Tidak Bisa Membusuk

Incorruptibility adalah suatu kepercayaan bahwa Tuhan telah membuat mayat orang-orang tertentu (biasanya orang suci) secara aneh terhindar dari proses pembusukan alami setelah mereka mati sebagai tanda kesucian. Mayat-mayat yang tetap terlihat utuh setelah meninggal dunia ratusan tahun yang lalu ini biasa disebut sebagai incorrupt atau incorruptible. (sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Incorruptibility)
Sebelumnya ingin mbakbro sampaikan bahwa artikel ini mbakbro tulis karena rasa penasaran tentang berita mayat Taliban yang tidak membusuk, namun karena mbakbro tidak bisa menemukan sumber yang terpercaya (satu-satunya sumber yang mbakbro temukan hanya dari arrahmah, akan tetapi karena berita di arrahmah tidak disebutkan sumbernya, maka mbakbro anggap kurang kredibel untuk dimasukkan dalam daftar ini).
Mayat yang diawetkan atau di-mumifikasi tidak termasuk dalam kategori incorruptible karena adanya penggunaan zat pengawet mayat. Berikut daftar 5 mayat yang tidak membusuk versi mbakbro.com :

1. Tollund Man

Tollund Man
Tollund Man
Pada tanggal 6 Mei 1950, Viggo dan Emil Hojgaard sedang mengumpulkan jerami di lahan gambut di luar desa Tollund ketika mereka menemukan sesosok mayat. Pada awalnya mereka mengira mayat itu baru saja menjadi korban pembunuhan karena mayat itu terlihat masih segar. Setelah mayat itu dibawa ke kantor polisi yang kemudian memanggil profesor P.V. Glob, seorang pakar arkeologi untuk menentukan waktu kematiannya. Dari hasil penelitian tersebut profesor Glob menyatakan mayat itu telah mati sejak kira-kira 2.000 tahun yang lalu.
Mayat yang hingga kini disebut sebagai Tollund Man itu dipercayai adalah korban ritual persembahan manusia pada masa itu. Hal ini didasarkan pada posisi mayat itu ditemukan dan seutas tali yang melingkar di lehernya. Hingga kini masih terjadi perdebatan di antara para ahli dalam menentukan misteri bagaimana mayat tersebut tidak bisa membusuk. (source)

2. Vincent de Paul

mayat Vincent de Paul
mayat Vincent de Paul
Terlahir di Gascony, Perancis, sebagai anak seorang petani, Vincent dikirim ke seminari pada usia ke 15 setelah orangtuanya menjual ternak untuk biaya. Pada tahun 1605 Vincent ditangkap oleh kawanan bajak laut ketika pergi ke Marseilles dengan kapal. Vincent kemudian dijual sebagai budak ke berbagai tempat hingga akhirnya sampai ke Istanbul, Turki. Di Istanbul, Vincent dibeli oleh Guillaume Gautier, seorang mantan pendeta dari Nice yang masuk Islam. Pada tahun 1607, Vincent berhasil kabur bersama isteri ketiga Gautier.
Setelah kembali ke Perancis, Vincent memulai kiprahnya dalam layanan keagamaan dengan mendirikan Dames de la Charite, sebuah kelompok amal para sosialita kaya Paris untuk mengumpulkan dana proyek misionaris, rumah sakit, korban perang dan pembebasan budak kulit hitam Afrika. Pada tanggal 27 September 1660, Vincent de Paul meninggal di Paris. Ketika kuburannya digali lagi 53 tahun kemudian, ternyata mayat Vincent de Paul tidak membusuk. Menurut saksi mata yang menyaksikan penggalian itu, mayat tersebut hanya mengalami sedikit kerusakan pada bagian mata dan hidung. Hingga kini mayat Vincent yang meninggal dunia 355 tahun yang lalu masih tetap awet dan dipajang di kapel Daughters of Charity, Paris. (source)

Baca juga : 5 orang yang hidup bersama mayat dan 5 orang dengan kekuatan super

3. Veronica Giuliani

mayat Veronica Giuliani
mayat Veronica Giuliani
Terlahir dengan nama Ursula Giuliani pada tanggal 27 Desember 1660, sejak usia 3 tahun Veronica Giuliani sudah menampakkan kasih sayangnya kepada orang-orang miskin. Tak segan Veronica kecil membagi makanan atau pakaiannya ketika bertemu anak-anak lain yang kelaparan.
Pada usia 17 tahun, Veronica mulai menjalani kehidupan di biara hingga 40 tahun kemudian. Sejak tahun 1694 hingga 1697 Veronica mengalami stigmata (tanda luka atau sensasi rasa sakit pada tubuh seseorang yang dipercaya berhubungan dengan luka Yesus ketika disalib, biasanya terdapat di telapak tangan, pergelangan tangan, kaki atau jidat). Veronica meninggal dunia pada tanggal 9 Juli 1727. (source)

4. Bernadette Soubirous

mayat Bernadette Soubirous
mayat Bernadette Soubirous
Lahir pada tanggal 7 Januari 1844 di Lourdes, Perancis dengan nama Marie Bernarde Soubirous, sejak muda mengaku melihat penampakan Bunda Maria. Meskipun awalnya dianggap mengada-ada, namun setelah beberapa kali diselidiki, akhirnya pengakuan Soubirous diakui kebenarannya. Sejak saat itu, tempat dimana Soubirous mengaku didatangi Bunda Maria menjadi situs ziarah penganut Katolik dan disebut Our Lady of Loudes.
Pada tanggal 16 April 1879 dalam usianya yang ke 35 tahun Soubirous meninggal dunia. Sejak kematiannya, rupanya kondisi mayat Soubirous tidak membusuk, padahal mayat tersebut telah digali sebanyak tiga kali. Penggalian mayat Soubirous terakhir dilakukan pada tahun 1925, saat itu kulit mayat nampak mulai mengalami kerusakan. Kini setelah dilapisi dengan lapisan tipis lilin pada bagian wajah dan tangan, mayat tersebut dipajang di biara St. Gildard of Nevers. (source)

5. Maria de Agreda

mayat Maria de Agreda
mayat Maria de Agreda
Maria Fernandez Coronel y Arana (1602-1665) adalah seorang biarawati yang dikenal juga sebagai seorang penulis. Sering disebut Lady in Blue atau Blue Nun, Maria telah menulis banyak serial buku tentang Bunda Maria. Terlahir dalam keluarga Katolik yang religius, buku Maria paling terkenal adalah Mystical City of God yang terdiri dari 8 buku.
Dalam buku tersebut Maria menuliskan tentang penampakan Bunda Maria beserta kata-kata yang diucapkannya. Setelah meninggal dunia, Maria dikuburkan dalam peti mati yang disimpan di biara Agreda. Pada tahun 1909 peti mati tersebut dibuka dan saat itu baru diketahui bahwa mayatnya tidak membusuk. Tahun 1989 mayat itu diteliti lagi oleh seorang dokter Spanyol bernama Andreas Medina. Kepada para wartawan dokter tersebut mengaku heran ketika membandingkan kondisi mayat itu antara tahun 1909 dan 1989 yang sama sekali tidak membusuk. Kini mayat tersebut dipajang dalam sebuah peti kaca di biara Agreda. (source)

Penutup

Pada mayat nomor 2 sampai dengan nomor 5 di bagian tangan dan wajah semuanya telah dilapisi dengan lapisan lilin yang tipis. Tapi hal tersebut tidaklah menggugurkan fakta bahwa jasad mereka sangatlah awet, karena pada mayat normal biasanya hanya bertahan beberapa tahun sudah menjadi kerangka. Bagi yang mencari opini lain dari sudut pandang yang lebih skeptis, silahkan klik di sini.

Bagaimana pendapat Anda? Apakah menurut Anda benar mayat-mayat itu awet karena campur tangan Tuhan? Atau hanya semata-mata fenomena alam? Silahkan tulis pendapat Anda pada kolom komentar di bawah.

Silahkan mengcopy isi artikel di blog ini tetapi harus disertakan link sumber (aktif). Apabila Admin menemukan konten yang tidak menyertakan link sumber (aktif), Admin akan mengirimkan DMCA Complaint ke pihak Google.
Anda tentu tidak mau website atau blog Anda kena deindex bukan?

6 Responses to "Aneh, 5 Mayat Ini Tidak Bisa Membusuk"

  1. Ah dimana letak anehnya klo nggak busuk krn dilapisi lilin ama peti kedap udara sama juga boong makbro....!!!
    Nah klo jasad kena tanah tidak busuk, itu baru aneh namanya ya makbro

    ReplyDelete
    Replies
    1. jasad lebih rentan rusak jika langsung terpapar udara. knp rata2 jasad harus dikubur? karena supaya ga mengganggu yg hidup karena bau busuk n ga gampang rusak

      Delete
  2. Semua peristiwa ini, merupakan UJIAN TUHAN buat manusia, bagaimana menyikapinya, bagaimana menafsirkannya semua kejadian yg diluar akal manusia ini.

    ReplyDelete
  3. Saya pernah baca di koran ada nenek2 di indonesia yg meninggal umur 98 tapi mayatnya ga busuk waktu di bongkar di kuburanya.. disebutkan nenek tersebut dalam hidupnya terkenal baik.. Saya rasa janganlah karena agama anda justru menjadi Jahat. karena Salah Tafsir dari segelintir ahli/pemuka agama.. Saya mempercayai baik islam,kristen,katolih, kalau anda memank dlam hidupnya melayani orang, bukan berdebat agama siapa yg paling benar, namun hidupnya ga berani total dalam memberi kasih kepada sesama, PERCUMA.. yang di inginkan Tuhan adalah hidup anda tiap detik memberi pertolongan semaksimal/semampu anda untuk orang lain.. ga peduli agamanya apa.. coba dipikir dan di renungkan.. ada orang yg berpikir agama lain Kafir maka di benci, bahkan di bunuh dan mengatakan semua perbuatanya untuk Tuhan Allahnya, lebih mudahkah membunuh dari pada menolong?? Jawaban anda menentukan anda dari golongan mana.. Matur Suwun

    ReplyDelete
  4. Jujur aja kalo mayatnya ga membusuk berarti bumi ga mau nrima justru kalo mayatnya melebur dan wangi baru dia manusia yang berhati mulya ini adalah filosofi coba ajamdipikirkan manusia itu dari apa dan kembali ke apa ??

    ReplyDelete

Hargai pendapat orang lain agar orang mau menghargai pendapat Anda. Komentar spam, irrelevant link dan junk otomatis dihapus.