Daftar 7 Trik Mencontek Yang Umum Dilakukan Siswa

Bagaimanapun juga mencontek itu tidak baik, selain beresiko ketahuan, kebiasaan mencontek akan membuat siswa menjadi malas belajar. Hampir semua pelajar yang berani mengambil resiko, pernah mencontek meskipun cuma sekali. Banyak cara yang biasa dilakukan, mulai dari mengintip jawaban teman, menyelundupkan kertas berisi contekan, meletakkan contekan di tempat-tempat yang tidak terduga sampai dengan berpura-pura pergi ke kamar kecil.
mencontek
Pakar Mencontek Level Dewa ! (sumber gambar)
Untuk urusan contek-mencontek ini para siswa bisa menjadi sangat kreatif. Jadi artikel ini saya tulis sebagai pedoman para guru agar bisa mendeteksi sejak dini tanda-tanda seorang siswa sedang mencontek, bukan untuk mengajari siswa cara-cara mencontek. Berikut daftar 7 trik mencontek yang biasa dilakukan siswa :

1. Menulis Contekan di Bagian Tubuh

mencontek di kuku
Mencontek di Kuku
Selain menulis contekan di secarik kertas, trik ini terhitung paling sering dilakukan. Tempat-tempat yang biasanya dipakai untuk menulis contekan adalah, lengan (kalau siswa memakai seragam berlengan panjang), paha (apabila siswa menggunakan seragam celana pendek atau rok pendek), telapak tangan, dan kuku. Khusus untuk kuku, karena relatif sempit, siswa biasanya hanya bisa menuliskan rumus-rumus disitu.
Untuk siswa perempuan yang menggunakan seragam rok pendek, tempat paling sering digunakan menulis contekan adalah di paha. Karena bagaimanapun juga, meskipun sudah curiga, seorang guru akan merasa segan untuk memeriksa tempat tersebut.

2. Trik Botol Minuman

Di beberapa sekolah, siswa diizinkan untuk membawa botol minuman ke dalam kelas jika ujian yang akan dilangsungkan membutuhkan waktu yang panjang. Botol minuman yang dipakai untuk mencontek harus berisi minuman yang tidak berwarna bening (bisa teh, coca-cola, dll.).
Caranya adalah, label botol minuman dibuka terlebih dahulu, kemudian siswa menulis contekan di balik label yang berwarna putih. Setelah itu label dilekatkan kembali ke tempat semula. Jika siswa ingin membaca contekannya, tinggal menghabiskan setengah isi botol, maka tulisan contekan dibalik label sudah bisa terbaca.
Biasanya siswa akan melakukannya ketika waktu ujian tinggal sedikit, karena cara ini sangat beresiko. Tidak seperti contekan di kertas yang bisa dilipat lalu dimasukkan ke dalam saku, botol minuman akan sulit disembunyikan.

3. Contekan Pada Perban

Siswa menulis contekan di kain kasa, kemudian menggunakannya sebagai perban di lengan dan menambahkan sedikit obat merah. Cara ini terhitung efektif, karena guru jarang curiga. Apalagi kalau 1 atau 2 hari sebelum ujian berlangsung, siswa itu sudah memakai perban.
Apabila siswa menulis contekan di balik topi misalnya, jika guru curiga, maka tanpa bertanya, guru bisa saja mengambil topi tersebut dan mengembalikannya apabila tidak terbukti. Lain bila contekan ditulis dibalik perban, guru akan segan memeriksanya karena menyangkut masalah medis. Selain itu siapa yang tidak jijik menyentuh luka/borok orang lain?

4. Menulis Contekan Pada Selembar Tissue

Cara ini cukup sederhana, siswa cukup menulis contekan pada selembar tissue, kemudian dimasukkan ke dalam saku. Pada saat membutuhkannya, siswa akan berpura-pura menggunakan tissue itu sambil membaca contekan yang ada di baliknya. Karena itu, buat para guru, perhatikan siswa yang sering menggunakan tissue selama ujian berlangsung.

5. Contekan di Balik Celana

Trik ini tidak bisa dilakukan jika siswa memakai seragam celana panjang. Hanya siswa berseragam celana pendek atau rok pendek yang bisa melakukannya. Caranya adalah, siswa menulis contekan pada secarik kertas kemudian menempelkannya secara terbalik di balik ujung celana (sehingga ketika ujung celana/rok dibuka, contekan akan bisa terbaca). Cara ini sangat efektif, karena walaupun curiga, seorang guru akan segan memeriksa paha siswanya.

6. Pura-pura Frustrasi

Sebuah metode yang sangat sederhana, yang pada dasarnya merupakan varian yang lebih maju dari mengintip jawaban teman. Untuk melakukan ini, siswa hanya harus pura-pura terlihat frustrasi, kemudian dia akan meletakkan tangan di kepalanya, menatap langit-langit sejenak, baru terakhir dia akan meletakkan tangan di wajahnya, sehingga matanya tertutup dengan tangan. Saat itulah dia akan mengintip jawaban temannya melalui celah-celah jari tangan. Cara ini terhitung tidak beresiko, karena kalau pun ketahuan, paling-paling guru hanya akan menegur dan tidak akan mengambil tindakan lebih lanjut.

7. Contekan di Ballpoint

ballpoint untuk mencontek
Ballpoint Untuk Mencontek, Kini Dijual Bebas
Cara ini terhitung sudah umum digunakan, contekan bisa ditaruh di dalam ballpoint (dililitkan pada isi ballpoint), atau bisa juga dililitkan dibalik penutup ballpoint. Jadi apabila ingin membacanya, tinggal membukanya. Bahkan sekarang sudah dijual bebas ballpoint khusus yang dirancang untuk menyembunyikan kertas contekan di dalamnya.

Selain dari cara-cara diatas, sebenarnya masih banyak cara yang digunakan siswa untuk mencontek, seperti menaruh contekan di balik jam tangan, memanfaatkan gadget. dll. Tugas para guru lah untuk menemukannya.

Silahkan mengcopy isi artikel di blog ini tetapi harus disertakan link sumber (aktif). Apabila Admin menemukan konten yang tidak menyertakan link sumber (aktif), Admin akan mengirimkan DMCA Complaint ke pihak Google.
Anda tentu tidak mau website atau blog Anda kena deindex bukan?

0 Response to "Daftar 7 Trik Mencontek Yang Umum Dilakukan Siswa"

Post a Comment

Hargai pendapat orang lain agar orang mau menghargai pendapat Anda. Komentar spam, irrelevant link dan junk otomatis dihapus.