Daftar 10 Tempat Asing Paling Misterius Di Bumi

Bumi, sebagaimana ciptaan Tuhan yang lain, sampai sekarang masih mengandung banyak misteri. Bahkan karena kemisteriusan tersebut beberapa orang mengkaitkannya dengan hal-hal supranatural, mistis, bahkan hingga teori tentang keberadaan makhluk angkasa luar. Diantara tempat-tempat misterius tersebut berikut tempat asing paling misterius di bumi :

1. Segitiga Bermuda (Britania Raya, Puerto Rico, dan Amerika Serikat)

segitiga bermuda
segitiga bermuda
Segitiga Bermuda, juga dikenal sebagai Segitiga Setan, adalah sebuah daerah di bagian barat Samudera Atlantik Utara di mana sejumlah pesawat dan permukaan kapal yang diduga telah menghilang secara misterius bukan karena human error, pembajakan, kegagalan peralatan, atau bencana alam. Karena tidak ada penjelasan ilmiah tentang hal tersebut, maka orang kemudian mengaitkan dengan paranormal, mistis, anomali hukum fisika, atau kegiatan makhluk luar angkasa. Secara fisik tempat itu memang tidak terkesan aneh, tapi benar-benar menakutkan!

2. Gunung Roraima (Venezuela, Brazil dan Guyana)

gunung roraima
gunung roraima
Lama sebelum kedatangan para penjelajah dari Eropa, gunung ini telah memendam makna khusus bagi penduduk asli wilayah tersebut, dan merupakan pusat banyak mitos dan legenda. Ini adalah tempat yang luar biasa bagi mereka. Puncak gunung ini mirip permukaan meja yang datar dengan tebing setinggi 400 meter di semua sisi. Hanya ada satu jalan 'mudah' untuk sampai ke sana, yaitu berupa jalur alami menyerupai tangga di sisi wilayah Venezuela sehingga untuk naik dari sisi lain membutuhkan keterampilan memanjat tebing yang mumpuni. Di atas gunung itu sendiri hampir setiap hari turun hujan, menghilangkan sebagian besar nutrisi tanah bagi tanaman untuk tumbuh dan menciptakan pemandangan yang unik pada permukaan pasir.

3. Aurora Borealis (Kutub Utara dan Selatan)

aurora borealis
aurora borealis
Aurora kadang-kadang disebut cahaya (kutub) utara dan selatan atau aurorae adalah penampakan cahaya indah di langit, biasanya bisa diamati pada malam hari, terutama di daerah kutub. Aurora biasanya terjadi di lapisan ionosfer. Orang-orang Cree menyebut fenomena ini "Tarian Roh”. Di bagian selatan, aurora australis atau cahaya kutub selatan, memiliki sifat yang sama, tetapi hanya dapat dilihat dari garis lintang selatan yang tinggi di Antartika atau Australia.

4. Rotorua (Selandia Baru)

rotorua
rotorua
Rotorua adalah sebuah kota di tepi selatan danau dengan nama yang sama, di wilayah Bay of Plenty bagian utara pulau Selandia Baru. Kota Rotorua terkenal unik karena aroma "telur busuk", yang disebabkan oleh aktivitas panas bumi lepasnya senyawa sulfur ke atmosfer. Aktivitas panas bumi adalah primadona bagi daya tarik turis ke Rotorua. Air mancur panas dan kolam lumpur yang menggelegak, mata air panas dan desa yang terkubur (Te Wairoa) yang mudah dijangkau dari kota. Perairan dengan warna yang mencolok, dari kuning, oranye, dan hijau juga bisa dikunjungi.

5. Rio Tinto (Spanyol)

air sungai rio tinto
air sungai rio tinto
Tambang raksasa Rio Tinto kalau dilihat dari atas nampak seperti permukaan planet Mars. Perluasan tambang itu telah memakan tidak hanya gunung dan lembah tapi bahkan seluruh desa. Sungai di sekitar tambang itu akhir-akhir ini mendapat perhatian dari kalangan ilmuwan karena adanya bakteri aerobik extremophile yang mampu bertahan dalam kondisi air yang ekstrim. Kondisi ekstrim di sungai ini bahkan disamakan dengan lokasi lain di tata surya yang diduga mengandung air, seperti permukaan Mars. Rio Tinto dikenal karena sangat asam (pH 2) dan warnanya dengan rona kemerahan yang dalam. Di tempat ini logam saja bisa larut apalagi manusia!

6. Struktur Richat (Mauritania)

struktur richat
struktur richat
Struktur Richat adalah bentuk melingkar yang tampak menonjol di gurun Sahara di Mauritania, dekat Ouadane. Struktur ini telah menarik perhatian sejak awal misi ruang angkasa karena permukaan tanah yang berbentuk “bull’s eye” terlihat mencolok dalam bentangan padang pasir dan dianggap bukan sifat dari struktur daerah padang pasir. Daerah yang memiliki diameter hampir 50 kilometer (30 mil), telah menjadi ciri penanda bagi kru pesawat ruang angkasa.

7. Geyser Terbang (Reno)

geyser terbang
geyser terbang
Fly Ranch memiliki dua geyser, salah satunya sudah tidak aktif. Yang lainnya, Geyser Terbang, terbentuk secara tidak sengaja oleh air sumur bor yang mengenai sumber panas bumi, dan hingga kini terus menyemburkan air panas. Fly Ranch adalah milik pribadi dan tidak diperbolehkan dikunjungi.

8. Kauai (Hawaii)

pantai di kauai
pantai di kauai
Kauai adalah pulau tertua sekaligus merupakan yang terbesar keempat dari Kepulauan Hawaii utama. Pulau ini terbentuk karena aktivitas vulkanik berjuta tahun yang lalu.
Tepian pantai yang terbentuk dari pertemuan guguran lava dan air laut, terlihat seperti pemandangan dari dunia lain di pulau Hawaii yang sering terabaikan ini.

9. Danau Bertotol (British Columbia)

danau bertotol
danau bertotol
Danau Bertotol adalah danau asin alkali terletak di barat laut Osoyoos di British Columbia. Pada musim panas, sebagian besar air di danau menguap meninggalkan semua mineral. "Totol" besar di danau muncul dan tergantung pada komposisi mineral pada saat itu, tiap totol akan memiliki warna yang berbeda. Totol-totol itu terbuat terutama dari magnesium sulfat, yang mengkristal di musim panas. Karena di musim panas, mineral di danau yang tertinggal kemudian mengeras dan membentuk "jalan setapak" alami di antara totol-totol tersebut.

10. Lembah Kering McMurdo (Antartika)

lembah kering McMurdo
lembah kering McMurdo
Lembah Kering McMurdo adalah deretan lembah di Antartika terletak di Victoria Land sebelah barat McMurdo Sound. Daerah itu tampak seperti bukan bagian dari bumi ini. Wilayah ini mencakup banyak fitur geologis yang menarik termasuk Danau Vida dan Sungai Onyx, sungai terpanjang di Antartika. Lantai lembah kadang-kadang membentuk danau beku dengan lapisan es setebal beberapa meter. Tempat ini juga tercatat sebagai salah satu gurun paling ekstrim yang terletak di bawah lapisan es, dalam air yang sangat asin, hidup organisme sederhana misterius, yang sampai kini masih menjadi obyek penelitian. Para ilmuwan menyatakan Lembah Kering ini bisa jadi merupakan gambaran kehidupan di luar bumi.


...disadur dari berbagai sumber

Silahkan mengcopy isi artikel di blog ini tetapi harus disertakan link sumber (aktif). Apabila Admin menemukan konten yang tidak menyertakan link sumber (aktif), Admin akan mengirimkan DMCA Complaint ke pihak Google.
Anda tentu tidak mau website atau blog Anda kena deindex bukan?

0 Response to "Daftar 10 Tempat Asing Paling Misterius Di Bumi"

Post a Comment

Hargai pendapat orang lain agar orang mau menghargai pendapat Anda. Komentar spam, irrelevant link dan junk otomatis dihapus.