Daftar 10 Misteri Peninggalan Arkeologi Yang Belum Terpecahkan (Bagian 2)

Sambungan dari Daftar 10 Misteri Peninggalan Arkeologi Yang Belum Terpecahkan (Bagian 1)

6. Kain Kafan dari Turin

shroud of turin
Shroud of Turin
Kain kafan dari Turin (Shroud of Turin) adalah salah satu peninggalan bersejarah agama Kristen. Di permukaan kain kafan yang terbuat dari kain linen ini terdapat bercak-bercak darah dan tercetak dengan jelas gambar seorang pria tinggi berjenggot dan berambut panjang yang dipercaya adalah korban penyaliban. Meskipun banyak yang percaya bahwa ini adalah kain kafan Yesus dari Nazareth, akan tetapi banyak pula yang menyangsikannya, mengingat hasil dari tes radio carbon menunjukkan bahwa kain kafan ini berasal dari abad pertengahan, yakni antara tahun 1260 hingga 1390 masehi, sedangkan Yesus disalib jauh berabad-abad sebelum itu.
Selain dari siapa orangnya yang pernah dibungkus dalam kain itu, yang menjadi bahan perdebatan antara para agamawan, sejarawan dan para peneliti adalah bagaimana gambar yang tercetak di kain kafan itu bisa tampak begitu jelas, padahal kain kafan itu sendiri telah beberapa kali mengalami “musibah”, antara lain pernah terbakar sebagian pada tahun 1532 ketika disimpan di Perancis.

7. Nazca Lines

nazca lines
Nazca Lines
Nazca Lines adalah rangkaian dari gambar-gambar raksasa di atas permukaan tanah, terletak di gurun Nazca, Peru. Ukuran dari gambar-gambar ini begitu besar hingga mencapai 200 meter. Diperkirakan dibuat antara tahun 400 hingga 650 masehi, terdapat ratusan gambar yang terdiri dari garis-garis, beberapa jenis burung, monyet, laba-laba, ikan, anjing, ikan hiu, ikan paus dan kadal. Selain itu juga terdapat gambar manusia raksasa, serta berbagai tumbuhan dan bunga. Luas area dimana terdapat gambar-gambar itu adalah sekitar 500 km persegi.
Sampai sekarang para peneliti masih memperdebatkan untuk apa gambar-gambar tersebut dibuat. Ada yang menyatakan gambar-gambar itu sebagai manifestasi penampakan astronomi dan simbol-simbol agama dan kepercayaan lokal pada masa itu, ada pula yang menyatakan sebagai saluran irigasi, mengingat gambar-gambar itu dibuat dengan cara mengeruk tanah hingga terbentuk semacam parit.

8. Piramida Giza

piramida giza
piramida Giza
Membahas tentang misteri peninggalan arkeologi kayaknya belum lengkap tanpa menyertakan Piramida Giza. Situs arkeologi yang merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia (seven wonders of the world) ini dalam bahasa inggris disebut sebagai The Great Pyramid of Giza, Pyramid of Khufu atau Pyramid of Cheops. Piramida Giza dibuat sekitar tahun 2560 sebelum masehi, dengan tinggi 146 meter, terbuat dari susunan balok-balok batu seberat 5,9 juta ton dan di dalamnya berongga berbentuk lorong-lorong dan ruangan.
Terdapat 3 ruangan besar di dalam piramida ini, dua diantaranya terdapat di bagian atas piramid, disebut Queen’s Chamber dan King’s Chamber, sementara satu lagi ruangan terdapat di bagian bawah. Di dalam ruangan-ruangan itu tersimpan harta dan barang-barang berharga lain, yang sayangnya sudah habis dijarah orang. Teknik konstruksi piramida ini serta siapa yang menjarah barang-barang berharga di dalamnya sampai sekarang menjadi misteri dan bahan perdebatan para ahli.

9. Anomali Laut Baltic

misteri laut baltic
Baltic Sea Anomaly
Laut Baltic terletak di Eropa Tengah, diapit oleh Swedia dan Finlandia di sebelah utara, Estonia, Latvia dan Lithuania di sebelah timur, Polandia dan Jerman di sebelah selatan, dan Denmark di sebelah barat. Anomali laut Baltic atau disebut juga Baltic Sea Anomaly adalah formasi batu berbentuk lingkaran dengan diameter sekitar 60 meter dan tebal 4 meter di dasar laut Baltic, ditemukan oleh sebuah ekspedisi penyelaman dipimpin oleh Peter Lindberg pada bulan Juni 2011. Laporan dari ekspedisi itu juga menyebutkan formasi tersebut disangga oleh struktur pilar berbentuk tangga menuju sebuah lubang gelap, sementara di belakangnya terdapat bentuk seperti landasan pacu sepanjang 300 meter.
Meskipun banyak pihak yang menyebut benda itu adalah rongsokan pesawat UFO yang jatuh, akan tetapi sampai sekarang masih belum ada bukti yang kuat tentang hal itu, karena benda ini terletak kira-kira 90 meter dibawah permukaan laut, sementara di lokasi tersebut lautnya sangat gelap karena lumpur tebal.

10. Stonehenge

stonehenge
stonehenge
Last but not least, Stonehenge di Inggris. Stonehenge adalah komposisi megalitikum yang tidak hanya menakjubkan dari segi penampilan, namun juga dari mitos-mitos yang menyertainya.
Terletak di Wiltshire, Inggris, monumen batu bersusun ini diperkirakan dibuat antara tahun 2400 hingga 2200 sebelum masehi. Batu-batu ini disusun berdiri dalam formasi lingkaran, dengan ukuran yang hampir sama, dan diatasnya batu lain diletakkan secara horizontal. Sebuah batu altar berada di tengah-tengah disamping dua buah batu yang disusun berbentuk sepatu kuda.
Apa yang sebenarnya disimbolkan dan dengan tujuan apa dibangun monumen ini serta dari mana batu-batu itu berasal (mengingat jenis batuan yang dipakai tidak terdapat di sekitar lokasi situs) sampai sekarang masih tinggal misteri. Beberapa teori yang mengemuka adalah monumen ini dibangun sebagai tempat upacara ritual keagamaan, pekuburan, atau kuil pemuja dewa matahari.


Silahkan mengcopy isi artikel di blog ini tetapi harus disertakan link sumber (aktif). Apabila Admin menemukan konten yang tidak menyertakan link sumber (aktif), Admin akan mengirimkan DMCA Complaint ke pihak Google.
Anda tentu tidak mau website atau blog Anda kena deindex bukan?

0 Response to "Daftar 10 Misteri Peninggalan Arkeologi Yang Belum Terpecahkan (Bagian 2)"

Post a Comment

Hargai pendapat orang lain agar orang mau menghargai pendapat Anda. Komentar spam, irrelevant link dan junk otomatis dihapus.