Daftar 10 Cara Mencegah Bayi Lahir Cacat

Cacat lahir didefinisikan sebagai kelainan struktur, fungsi, atau metabolisme tubuh yang terjadi pada saat bayi lahir. Cacat lahir adalah kelainan yang menyebabkan cacat perkembangan atau fisik yang terkadang memerlukan perawatan medis atau bedah. Ada lebih dari 4.000 jenis cacat lahir yang diketahui, mulai dari yang ringan sampai yang serius, dan meskipun banyak yang dapat diobati atau disembuhkan, cacat lahir adalah penyebab utama kematian pada tahun pertama kehidupan. Berikut daftar 10 cara untuk mencegah bayi Anda lahir cacat :
bibir sumbing
Cacat Bibir Sumbing Pada Bayi (sumber gambar)

1. Temui Dokter Sebelum Merencanakan Kehamilan

Walaupun tidak merupakan keharusan, akan tetapi ada baiknya Anda menemui dokter sebelum merencanakan kehamilan. Hal ini terutama untuk wanita yang mempunyai kondisi kesehatan yang menyebabkan kehamilan beresiko tinggi.

2. Minum Suplemen Asam Folat 

Semua wanita usia subur sebaiknya meminum suplemen asam folat setidaknya tiga bulan sebelum hamil. Kurangnya asam folat adalah salah satu penyebab umum terjadinya cacat lahir, Neural Tube Defects (NTD) yang umumnya berbentuk cacat tulang belakang. Cacat ini terjadi di masa awal kehamilan, jauh sebelum pemeriksaan kehamilan pertama, yang umumnya dijadwalkan saat usia kandungan 10 minggu.

3. Berhenti Merokok dan Hindari Asap Rokok

Menurut penelitian, jika ibu hamil menghindari merokok, akan mengurangi resiko keguguran sebesar 5%, resiko kelahiran berat bayi lahir rendah sebesar 20%, resiko kelahiran prematur sebesar 8%, resiko bayi lahir mati 11%, dan resiko kematian bayi baru lahir sebesar 5%.

4. Jangan Minum Minuman Beralkohol

Satu cacat lahir yang sepenuhnya bisa dihindari adalah sindrom alkohol pada janin atau Fetal Alcohol Syndrome (FAS). Dampak dari alkohol pada janin bervariasi, mulai dari masalah intelektual dan perilaku ringan, sampai cacat yang serius atau bahkan kematian dini. Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), tidak ada level aman dalam mengkonsumsi alkohol selama kehamilan.

5. Makan Makanan Sehat

Nutrisi yang baik adalah salah satu faktor paling penting dalam kehamilan. Calon ibu dianjurkan untuk mengkonsumsi berbagai variasi makanan sehat, dengan penekanan pada buah-buahan kaya warna, biji-bijian, kacang-kacangan dan kacang polong, serta sumber protein. Selain itu juga direkomendasikan mengkonsumsi suplemen yang diperkaya dengan DHA.

6. Hindari Lingkungan Yang Tidak Sehat 

Bahan kimia telah lama diduga menjadi penyebab cacat lahir. Karena itu selalu hindari radiasi dan paparan bahan kimia. Apabila tidak bisa, mungkin karena tuntutan pekerjaan yang harus sering berada di lokasi yang tidak sehat, selalu gunakan sarung tangan, masker, dan ventilasi yang memadai.

6. Avoid Environmental Toxins

Chemicals have long been suspected of causing birth defects. Avoid daily, heavy exposure to chemicals. If you work in a cleaning business, art studio, or factory where there is unavoidable exposure, use gloves, masks, and adequate ventilation. Avoid exposure to lead, important when buying and restoring old furniture or renovating an older home. Those who work in the medical field should take special care to take precautions against radiation.

7. Hati-hatilah Mengkonsumsi Obat

Semua orang tahu kalau obat-obatan terlarang atau narkoba selalu berakibat buruk, tidak hanya kepada wanita hamil. Namun, bagaimana dengan obat-obatan resep dokter yang biasa dikonsumsi ibu hamil?
Banyak obat resep dokter yang tidak aman untuk dikonsumsi selama kehamilan. Jadi, selalu berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi obat, terutama untuk kondisi kronis, untuk menentukan apakah obat itu aman untuk kehamilan.

8. Carilah Konseling Genetik Apabila Diperlukan

Penyebab kebanyakan cacat lahir memang tidak diketahui, tetapi pasangan dengan riwayat cacat lahir dalam keluarga mereka dapat melakukan pemeriksaan genetik untuk menganalisis risiko mereka. Dengan pemeriksaan ini bisa dilakukan beberapa tes untuk mengatasi penyakit tertentu.

9. Periksa Apakah Anda Mengidap HPV

Human papillomavirus (HPV) memang tidak berhubungan dengan cacat lahir, akan tetapi penelitian menunjukkan bahwa HPV meningkatkan risiko persalinan prematur, yang pada akhirnya dapat mengakibatkan kelainan otak dan gangguan paru-paru pada anak-anak.

10. Hindari Stres

Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengalami stres berat lebih mungkin untuk melahirkan anak-anak dengan cacat lahir. Stres juga dikaitkan dengan risiko tinggi keguguran, kelahiran prematur, dan infertilitas. Ada sejumlah cara untuk menghindari stres, mulai dari konseling sampai dengan yoga.

Silahkan mengcopy isi artikel di blog ini tetapi harus disertakan link sumber (aktif). Apabila Admin menemukan konten yang tidak menyertakan link sumber (aktif), Admin akan mengirimkan DMCA Complaint ke pihak Google.
Anda tentu tidak mau website atau blog Anda kena deindex bukan?

0 Response to "Daftar 10 Cara Mencegah Bayi Lahir Cacat "

Post a Comment

Hargai pendapat orang lain agar orang mau menghargai pendapat Anda. Komentar spam, irrelevant link dan junk otomatis dihapus.