Daftar 5 Penjara Paling Mewah di Dunia

Tujuan pemenjaraan selain agar terpidana yang dikurung dalam penjara tidak mampu lagi melakukan kejahatan, juga agar terpidana menjadi jera dan tidak berani lagi melakukan kejahatan. Oleh karena itu banyak penjara yang suasananya sengaja dibuat setidak nyaman mungkin. Pertanyaannya kemudian adalah apa benar semua penjara keadaannya seperti itu? Apa benar tidak ada penjara yang mempunyai fasilitas cukup mewah? Lebih mewah dari rumah kebanyakan rakyat golongan bawah? Jawabannya adalah ada. Berikut daftar 5 penjara paling mewah di dunia :

1. Penjara Bastoy, Norwegia

Ruang sel penjara Bastoy
Ruang sel penjara Bastoy
Tidak setiap negara maju menerapkan filosofi penjara Amerika yang keras. Contohnya di Penjara Bastoy, sebuah koloni penjara dengan sistem keamanan yang seadanya, terletak di pulau Bastoy, Oslofjord. Di penjara ini, kurang lebih 100 narapidana tinggal di pondok-pondok kecil dan bekerja di pertanian penjara. Selain bisa berjemur di siang hari, disediakan juga fasilitas lapangan tenis, pemancingan, serta menunggang kuda. Selain itu para narapidana juga memegang kunci kamar/kabin masing-masing.

2. Penjara Sollentuna, Swedia

Fasilitas mewah penjara Sollentuna
Fasilitas mewah penjara Sollentuna
Di dalam penjara Sollentuna, masing-masing sel dilengkapi dengan kasur matras yang nyaman dan kamar mandi pribadi. Setelah berlatih di ruang gym, para narapidana bisa memasak di dapur yang mewah, sebelum bersantai dan menonton TV di sofa. Namun demi keamanan, otoritas penjara Swedia menempatkan CCTV di semua ruangan, termasuk kamar mandi.

Baca juga : Hukuman Mati Paling Brutal Bagian 1 dan Bagian 2

3. Halden Prison, Norwegia

Perpustakaan penjara Halden
Perpustakaan penjara Halden
Penjara Halden adalah rumah bagi pembunuh massal Anders Breivik, bertanggung jawab atas pembunuhan 77 orang, sebagian besar dari mereka adalah anak-anak. Dia menikmati satu kamar yang luas dan kamar mandi pribadi sementara berbagi dapur dengan beberapa narapidana lain. Dia bisa menghabiskan waktunya di perpustakaan atau di studio rekaman penjara, bersiap meluncurkan karir musiknya.

4. Penjara Leoben, Austria

Fasilitas penjara Leoben
Fasilitas penjara Leoben
Jika Anda punya keinginan untuk hidup santai tanpa harus bekerja, pergilah ke Austria. Di sana Anda bisa melakukan pencurian kecil-kecilan atau tampar saja muka orang asing yang Anda temui di jalan agar bisa masuk penjara. Di Penjara Leoben, setiap tahanan diberikan satu sel, dengan kamar mandi, dapur, ditambah televisi pribadi. Ruang gym, lapangan basket dan tempat rekreasi outdoor juga tersedia.

5. Penjara Pondok Bambu, Indonesia

Ruang penjara Artalyta Suryani
Ruang penjara Artalyta Suryani
Kita akhiri dengan penjara dalam negeri, penjara dimana para koruptor dengan tenang menjalani masa hukuman dalam kenyamanan. Dimana lagi kalau bukan Penjara Pondok Bambu. Pada awal tahun 2010 seorang koruptor bernama Artalyta Suryani kedapatan mendapatkan fasilitas mewah di Blok Anggrek Rutan Pondok Bambu, Jakarta. Di dalam ruangan selnya terdapat ruang karaoke pribadi, fasilitas pendingin ruangan, sebuah kulkas dan 1 set komputer dengan jaringan internet. Nah, kalau begini bagaimana koruptor bisa jera?

Silahkan mengcopy isi artikel di blog ini tetapi harus disertakan link sumber (aktif). Apabila Admin menemukan konten yang tidak menyertakan link sumber (aktif), Admin akan mengirimkan DMCA Complaint ke pihak Google.
Anda tentu tidak mau website atau blog Anda kena deindex bukan?

7 Responses to "Daftar 5 Penjara Paling Mewah di Dunia"

  1. I certainly agree to some points that you have discussed on this post. I appreciate that you have shared some reliable tips on this review.

    ReplyDelete
  2. aneh memang penjara yang harusnya jadi tempat buat hukuman malah seperti ini.....

    ReplyDelete
  3. Kalau penjaranya seperti itu tahanan betah di dalamnya, bahkan tidak mau keluar dari penjara. Penjara yang unik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jelas tidak, karena untuk negara negara yg disebutkan diatas, terkecuali indonesia, punya standar hidup yg sangat tinggi. dari penjara nya saja sudah tercermin bagaimana tingginya standar hidup negara disana

      Delete
  4. kalau penjara gitu penjahat nya g mungkin yang rendah"
    pasti buat kriminal yg berduit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di negara-negara maju tidak ada diskriminasi. Jadi semua narapidana mendapatkan perlakuan yang sama. Lain dengan di Indonesia.

      Delete
  5. dari penjaranya saja kiga sudah bisa melihat seberapa tingginya standar hidup di norwegia,swedia dan austria

    ReplyDelete

Hargai pendapat orang lain agar orang mau menghargai pendapat Anda. Komentar spam, irrelevant link dan junk otomatis dihapus.