Daftar 5 Angka Sial Di Dunia


Angka 13 selama ini telah dianggap momok bagi berbagai kalangan masyarakat karena dianggap sebagai angka sial. Bahkan saking takutnya terhadap angka 13, seseorang bisa terkena phobia yang disebut ‘triskaidekaphobia’. Phobia ini bersumber dari tahayul yang berkembang sejak ribuan tahun yang lalu dan dipercayai berawal dari kisah tentang orang ke-13 dalam Perjamuan Terakhir (The Last Supper) yang merujuk pada Judas si pengkhianat.
Selain dari angka 13 yang dianggap sebagai angka sial, ternyata masih ada beberapa angka sial lain di berbagai belahan dunia yang juga dianggap sebagai angka sial. Karena kepercayaan ini maka banyak orang yang kemudian menghindarinya. Berikut daftar 5 angka yang dianggap sial di berbagai belahan dunia versi mbakbro.com :

1. Angka 39 di Afghanistan

plat nomor 39 diganti menjadi 38
plat nomor 39 diganti menjadi 38
Orang Afghanistan terutama di ibukota Kabul sangat menghindari angka 39 karena dianggap sebagai salah satu angka sial. Contohnya sebuah mobil yang mempunyai plat nomor mengandung angka 39 hanya laku setengah harga apabila dijual. Contoh lain, apabila seseorang membeli nomor perdana untuk HP tidak akan ada yang mau membeli nomor yang mengandung angka 39. Yang paling parah mungkin adalah apabila seseorang berusia 39 tahun, maka dia akan menuliskan angka 40-1 di setiap formulir yang harus dia isi.
Tidak jelas sebabnya mengapa angka 39 begitu dihindari di Afghanistan. Sebagian orang menganggap tahayul akan angka 39 ini berawal dari cerita tentang nasib buruk seorang germo yang mempunyai mobil dengan plat nomor 39 dan kebetulan mempunyai rumah bernomor 39 juga. (sumber: http://www.bbc.co.uk/news/13815417)

2. Angka 17 di Italia

tulisan VIXI di batu nisan
tulisan VIXI di batu nisan
Phobia atas angka 17 disebut sebagai heptadecaphobia. Di Italia, angka 17 dianggap sebagai angka sial karena melambangkan kematian. Dalam penulisan Romawi, angka 17 ditulis “XVII” dimana angka itu bisa disusun ulang menjadi “VIXI”, sebuah kata yang sering ditulis di kuburan orang mati. Angka 17 juga dianggap angka sial karena dalam kitab Injil, banjir besar di jaman Nabi Nuh terjadi pada tanggal 17 Februari. Selain itu dalam ‘la smorfia napoletana’, sistem numerik yang digunakan sebagai tafsir mimpi di sana, angka 17 berarti ‘disgrazia’ akan datang malapetaka.
Karena kepercayaan itu, beberapa hotel tidak ada kamar nomor 17. Begitu juga dengan maskapai Alitalia tidak ada kursi nomor 17. Selain itu jika kebetulan tanggal 17 jatuh pada hari Jum’at, juga dianggap sebagai hari sial. Yang paling parah adalah apabila tanggal 17 November jatuh pada hari Jum’at, maka sebulan penuh akan dianggap sebagai bulan sial. (sumber: http://blogs.transparent.com/italian/venerd-17/)

Baca juga: 5 misteri angka 191 dalam kecelakaan pesawat dan 5 keluarga terkenal yang hancur karena kutukan

3. Angka 26 (dan 8) di India

seorang gadis harus menikahi anjing untuk membuang sial
seorang gadis harus menikahi anjing untuk membuang sial
Angka 26 dianggap sebagai angka sial di India karena beberapa peristiwa berikut. Gempa bumi di Gujarat yang menewaskan sekitar 20.000 jiwa terjadi tanggal 26 Januari 2001. Tsunami di Samudra Hindia yang menewaskan banyak penduduk India (sekitar 230.000 korban di seluruh dunia, terbanyak dari Aceh, Indonesia) terjadi tanggal 26 Desember 2004. Pemboman di kota Guwahati dan Ahmedabad terjadi tanggal 26 Mei 2007 dan 26 Juli 2008, serta serangan teroris di kota Mumbai terjadi tanggal 26 November 2008.
Dalam numerology, penjumlahan dari angka 2 dan 6 menghasilkan angka 8 yang dianggap sebagai penyebab kehancuran dan kesulitan. Para ahli numerology di India menganjurkan agar upacara pernikahan dan lainnya tidak dilaksanakan pada tanggal 8. (sumber: http://www.instablogs.com/is-the-number-26-the-new-unlucky-number.html)

4. Angka 4 di berbagai negara Asia

elevator tanpa angka 4, 13 dan 14 di Hong Kong
elevator tanpa angka 4, 13 dan 14 di Hong Kong
Tetraphobia adalah istilah yang mengacu pada ketakutan akan angka 4. Tahayul ini banyak dipercaya terutama di daerah Asia Selatan dan Tenggara seperti China, Taiwan, Singapura, Malaysia, Jepang, Korea dan Vietnam. Dalam kebudayaan masyarakat China, angka merupakan salah satu faktor yang sangat diperhitungkan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya angka 8 dianggap sebagai angka keberuntungan dan sebaliknya angka 4 dianggap sebagai angka sial.
Orang China sangat menghindari pemakaian angka 4, apalagi apabila digabungkan dengan angka lain akan menghasilkan arti yang berbeda. Contohnya angka 94 dapat diartikan mati dalam waktu yang lama. Di Taiwan, angka 4 tidak digunakan dalam plat nomor kendaraan. Demikian juga di Hong Kong, banyak apartemen di sana yang tidak menggunakan angka 4, bahkan ada apartemen yang menghilangkan lantai 40-49. Di Indonesia, pusat perbelanjaan Grand Indonesia Jakarta mengganti lantai 4 dengan angka 3A. (sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Tetraphobia)

5. Angka 666 di belahan dunia barat

simbol angka 666
simbol angka 666
Biasa disebut sebagai Number of the Beast, angka 666 dipercayai sebagai angka sial di berbagai negara Eropa dan Amerika. Phobia akan angka ini mempunyai sebutan yang cukup aneh, yaitu hexakosioihexekontahexaphobia yang dalam bahasa latin artinya ‘ketakutan atas angka enamratus enampuluh enam’. Angka ini dipercaya sebagai angka sial karena dianggap sebagai angka setan. Beberapa film horor terkenal dibuat berdasarkan kepercayaan atas angka setan ini, seperti serial The Omen, End of Days, The Doom Generation dll.
Karena kepercayaan tahayul ini, pada tahun 1989 Presiden Ronald Reagan merubah alamat rumah dinasnya di St. Cloud Road 666 menjadi St. Cloud Road 668. Kasus lain adalah pada bulan November 2013, seorang pelari cross country bernama Codie Thacker menolak untuk meneruskan perlombaan ketika mendapat nomor dada 666. (sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Number_of_the_beast)

Silahkan mengcopy isi artikel di blog ini tetapi harus disertakan link sumber (aktif). Apabila Admin menemukan konten yang tidak menyertakan link sumber (aktif), Admin akan mengirimkan DMCA Complaint ke pihak Google.
Anda tentu tidak mau website atau blog Anda kena deindex bukan?

4 Responses to "Daftar 5 Angka Sial Di Dunia"

  1. Angka '666' itu bukan tahayul, itu dari Alkitab org Kristen. Di Alkitab org Kristen, di kitab Wahyu 13 ayat 18:

    "Yang penting di sini ialah hikmat: barangsiapa yang bijaksana, baiklah ia menghitung bilangan binatang itu, karena bilangan itu adalah bilangan seorang manusia, dan bilangannya ialah enam ratus enam puluh enam."

    Itu terkenal di luar negeri (Barat) karena di sana kebanyakan org Kristen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, memang number of the beast disebutkan dalam bible. Tapi bukan angka 666 nya yang saya bilang tahayul, tapi takut kepada angka 666.

      Delete
  2. Bukannya mitos angka 4 itu berasal dari Jepang ya? Yang dalam pengucapannya itu berbunyi "shi", yang bisa juga diartikan sebagai kematian (shi).

    ReplyDelete
  3. asalnya dr bahasa china, bukan jeoang , 4 = si atau 四, sedangkan mati adalah si atau 死, bunyi sama, namun pelafalan berbeda, tekanan pada nada atau intonasi nya berbeda

    ReplyDelete

Hargai pendapat orang lain agar orang mau menghargai pendapat Anda. Komentar spam, irrelevant link dan junk otomatis dihapus.