Daftar 5 Fakta Unik Tentang Jodha Akbar

Suka nonton serial Jodha Akbar di ANTV ? serial drama dari India ini berlatar kerajaan Mughal ketika diperintah oleh Sultan Jalaluddin Akbar di tahun 1556-1605 M. Meskipun cerita di serial ini sudah dibumbui di sana-sini, namun serial ini bukanlah merupakan cerita fiksi akan tetapi berdasarkan kisah nyata dari kehidupan raja Jalaluddin dan isteri-isterinya, ratu Ruqaiya, ratu Salima, dan ratu Jodha.
Tentang jalan cerita serial itu sendiri, saya yakin sudah banyak yang hafal, bahkan tidak sedikit yang sudah menonton hingga episode akhir dengan membeli CD bajakannya, akan tetapi tentang kisah nyatanya mungkin banyak yang belum tahu. Berikut daftar 5 fakta unik tentang kisah nyata dibalik serial Jodha Akbar :

1. Pemeran raja Jalaluddin dan ratu Jodha ternyata tidak akur

Paridhi Sharma dan Rajat Tokas
Ketika proses shooting serial Jodha Akbar, hubungan pemeran raja Jalaluddin (Rajat Tokas) dan ratu Jodha (Paridhi Sharma) ternyata sangat dingin bahkan mereka tidak saling bertegur sapa. Tidak ada yang tahu pasti apa penyebabnya, namun beberapa pihak menyebutkan sikap sang sutradaralah yang menjadi penyebabnya. Hal ini terbukti dari pengunduran diri sekitar 90 orang kru film dan sang produser, Ekta Kapoor.
Meskipun demikian, mereka adalah orang-orang yang profesional, sehingga kalau kita lihat di layar kaca tampak chemistry antara mereka terbangun dengan sangat baik.

2. Jodha ternyata bukan nama sang ratu

Fatehpur Sirkr, istana tempat tinggal ratu Jodha
Fatehpur Sirkr, istana tempat tinggal ratu Jodha
Nama asli sang ratu sendiri adalah Heer Kunwari, bukan Jodha. Bahkan dalam buku otobiografi “Akbarnama” yang ditulis ketika raja Jalaluddin berkuasa dan buku otobiografi “Tuzk-e-Jahangiri” tentang kisah hidup penerus raja Jalaluddin, yaitu raja Jahangir, sama sekali tidak disebutkan nama ratu Jodha, melainkan Mariam-uz-Zamani.
Sejarawan dari Universitas Allahabad, Professor N.R. Farooqi, mengatakan bahwa Jodha adalah nama dari isteri raja Jahangir, putra raja Jalaluddin. Menurut sejarawan Imtiaz Ahmad, nama Jodha pertama kali disebutkan dalam buku “Annals and Antiquities of Rajasthan” yang ditulis oleh Letkol James Tod (1782-1835), seorang perwira Inggris yang bertugas di Rajputana, sekarang Rajashtan, India.

Baca juga : 5 Fakta Unik Dibalik Serial Mahabharata dan 5 Aktor Dengan Penghayatan Peran Paling Hebat

3. Ratu Jodha adalah seorang saudagar sukses

Lukisan ratu Jodha
Lukisan ratu Jodha
Di masa kekuasaan raja Jalaluddin, ratu Jodha adalah salah seorang pelopor perdagangan internasional. Selain dengan negara-negara di Asia, ratu Jodha juga melakukan perdagangan dengan negara-negara di Eropa dengan komoditi utamanya berupa rempah-rempah dan kain sutra.
Ratu Jodha bahkan mempunyai armada kapal sendiri yang setiap tahun secara rutin mengirim jamaah haji ke Mekah. Selain itu, ratu Jodha adalah satu-satunya ratu kerajaan Mughal yang menguasai sekitar 12.000 pasukan kavaleri untuk mengamankan rute perdagangannya.
Dari keuntungan yang didapatkan, ratu Jodha menggunakan hartanya untuk membangun sumur-sumur, masjid, dan taman di seluruh penjuru kerajaan.

4. Hingga meninggal dunia, ratu Jodha tidak berpindah agama

Istana tempat ratu Jodha dimakamkan
Istana di Agra, tempat ratu Jodha dimakamkan
Raja Jalaluddin terkenal sebagai seorang yang menjunjung tinggi toleransi beragama. Ketika berkuasa, agama Islam, Hindu, dan Kristen berkembang secara damai. Bahkan sang raja menghapuskan pajak yang khusus dikenakan kepada rakyat non-muslim, dan menempatkan mereka di posisi pemerintahan yang cukup tinggi. Hal ini tidak pernah dilakukan oleh raja-raja Mughal sebelumnya.
Hingga akhir hayatnya Ratu Jodha tetap menganut agama Hindu dan menyembah dewa Khrisna. Meskipun begitu, upacara pemakaman Ratu Jodha dilaksanakan sesuai ajaran Islam oleh putranya, raja Jahangir.

5. Ratu Jodha satu-satunya isteri yang dimakamkan berdekatan dengan sang raja

Makam sederhana ratu Jodha
Makam sederhana ratu Jodha
Berbeda dengan ratu Ruqaiya dan ratu Salima, ratu Jodha dimakamkan berdekatan dengan makam raja Jalaluddin. Meskipun tidak sesuai dengan keyakinannya yang menganjurkan agar seseorang dikremasi setelah meninggal dunia, pesan terakhir ratu Jodha sebelum meninggal dunia adalah ingin dimakamkan berdekatan dengan orang yang paling dicintainya, raja Jalaluddin. Selain itu ratu Jodha juga berpesan agar makamnya dibuat sederhana seperti makam rakyat pada umumnya. Hebat ! Sungguh sosok seorang pemimpin yang patut diteladani.

Silahkan mengcopy isi artikel di blog ini tetapi harus disertakan link sumber (aktif). Apabila Admin menemukan konten yang tidak menyertakan link sumber (aktif), Admin akan mengirimkan DMCA Complaint ke pihak Google.
Anda tentu tidak mau website atau blog Anda kena deindex bukan?

0 Response to "Daftar 5 Fakta Unik Tentang Jodha Akbar"

Post a Comment

Hargai pendapat orang lain agar orang mau menghargai pendapat Anda. Komentar spam, irrelevant link dan junk otomatis dihapus.