Daftar 5 Wabah Mematikan Yang Berasal Dari Hewan

Mengetahui asal muasal sebuah wabah penyakit adalah sangat penting agar kita dapat memahami dan menghentikan penyebaran wabah tersebut. Meskipun asal muasal beberapa wabah masih menjadi perdebatan para dokter dan ilmuwan, namun sudah didapatkan bukti bahwa beberapa wabah berikut ini dipastikan berasal dari hewan sebelum menular ke manusia. Berikut daftar 5 wabah mematikan yang berasal dari hewan :

1. HIV/AIDS

Simpanse
Simpanse
Sejarah asal muasal penyakit HIV/AIDS sangatlah bervariasi, namun satu nama yang sangat terkenal di dunia kedokteran yang disebut sebagai “Patient Zero” dicurigai sebagai asal penyebaran HIV/AIDS. Meskipun kemudian terbukti bahwa Pasien Kosong yang bernama asli Gaetan Dugas, seorang pramugari dari Kanada ternyata hanyalah kambing hitam.
Sebenarnya awal mula penyakit HIV/AIDS menular ke manusia adalah melalui seekor simpanse di daerah selatan Kamerun di awal abad ke 19. Pada saat itu seorang pemburu membunuh simpanse yang terkena SIV (Simian Immunodeficiency Virus, virus penyebab HIV pada hewan yang bisa ditularkan ke manusia). Diperkirakan karena mempunyai luka terbuka, virus SIV tersebut menular ke si pemburu dan berkembang menjadi HIV.

2. Ebola

Kelelawar Afrika
Kelelawar Afrika
Ebola Virus Disease (EVD), disebut juga Ebola Hemorrhagic Fever (EHF), atau disingkat Ebola adalah penyakit yang menyerang manusia dan primata yang disebabkan oleh Ebolavirus.
Awalnya penyakit Ebola diduga berasal dari seorang bocah berusia dua tahun bernama Emile Ouamouno berasal dari Republik Guinea, sebuah negara kecil di Afrika Barat. Namun belakangan baru diketahui bahwa si bocah sendiri ternyata tertular Ebola dari seekor kelelawar Afrika ketika bermain di sebuah lubang pohon. Pohon itu sendiri sebelum dibakar adalah tempat tinggal ratusan kelelawar Afrika. Emile diduga tertular Ebola karena gigitan kelelawar atau kontak dengan kotoran kelelawar yang ada di dalam pohon.

Baca juga : 10 cara mencegah bayi lahir cacat dan 9 fakta tentang vagina yang anda harus tahu

3. SARS

Kelelawar sepatu kuda China
Kelelawar sepatu kuda China
Wabah penyakit SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) beberapa saat lalu pernah menggegerkan dunia, tepatnya antara tahun 2002 dan 2003 di China bagian selatan dan Hong Kong. Wabah SARS ini memakan korban setidaknya 774 orang meninggal dunia dari 8.096 kasus yang dilaporkan.
Awalnya penyakit ini diduga berasal dari musang, namun sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 menemukan pembawa penyakit ini adalah Kelelawar Sepatu Kuda yang berasal dari Cina.

4. MERS

Kelelawar kuburan dari Mesir
Kelelawar kuburan dari Mesir
Middle Eastern Respiratory Syndrome (MERS) adalah penyakit infeksi pernafasan yang disebabkan oleh virus. MERS termasuk wabah penyakit yang baru saja ditemukan, pasien pertama penyakit ini ditemukan di London pada tahun 2012. Di Indonesia, penyakit ini sendiri cukup ditakuti karena dikhawatirkan menyerang para jamaah haji Indonesia yang jumlahnya cukup banyak.
Penyakit MERS dipercayai berasal dari Kelelawar Kuburan dari Mesir yang kemudian ditularkan ke beberapa jenis hewan, diantaranya unta, kambing, domba, dan kucing yang menjadi perantara sebelum penyakit ini sampai ke manusia.

5. Demam Lassa

Tikus Sahara
Tikus Sahara
Lassa Hemorrhagic Fever (LHF) atau disingkat dengan Lassa Fever (Demam Lassa), adalah penyakit sejenis demam berdarah yang disebabkan oleh Lassa Virus. Ditemukan pertama kali pada tahun 1969 di kota Lassa, Nigeria, ketika dua orang perawat misionaris meninggal dunia setelah terkena virus ini. Demam Lassa ini sangat umum dijumpai di Afrika Barat hingga menjadi wabah tahunan seperti demam berdarah di Indonesia. Setiap tahunnya sekitar 500 ribu orang terinfeksi dan diperkirakan 20 ribu diantaranya meninggal dunia. Wabah terakhir terjadi hanya beberapa minggu setelah Nigeria mengumumkan telah berhasil menangani Ebola.
Berbeda dengan demam berdarah, penyakit demam Lassa berasal dari tikus tepatnya dari jenis Natal Multimammate Mouse (mastomys natalensis) yang berasal dari daerah gurun Sahara. Diperkirakan media penyebarannya adalah kencing tikus yang mengering dan kemudian menguap hingga dihirup oleh manusia.

Silahkan mengcopy isi artikel di blog ini tetapi harus disertakan link sumber (aktif). Apabila Admin menemukan konten yang tidak menyertakan link sumber (aktif), Admin akan mengirimkan DMCA Complaint ke pihak Google.
Anda tentu tidak mau website atau blog Anda kena deindex bukan?

0 Response to "Daftar 5 Wabah Mematikan Yang Berasal Dari Hewan"

Post a Comment

Hargai pendapat orang lain agar orang mau menghargai pendapat Anda. Komentar spam, irrelevant link dan junk otomatis dihapus.